Rabu, 10 Feb 2021 10:15 WIB

WHO Tak Temukan Hewan Sumber Corona di Wuhan, Mungkinkah dari Frozen Food?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Tim WHO Akhirnya ke Wuhan Selidiki Asal-Usul Virus Corona WHO soal asal-usul COVID-19. (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Tim investigasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejauh ini tak bisa menemukan inang, atau sumber hewan yang menjadi asal-usul COVID-19. Namun, mereka masih terus berusaha mencari tahu kemungkinan dan bagaimana penularan dari hewan ke manusia terjadi.

"Melalui studi ini, kita belum bisa mengidentifikasi spesies hewan yang menjadi perantara penularan (COVID-19)," kata pakar WHO Peter Ben Embarek, dikutip dari DW News.

Para ilmuwan mulanya mengira COVID-19 kemungkinan besar berasal dari kelelawar, tetapi sejauh ini bukti belum ditemukan. Usai hampir sebulan melakukan investigasi ke Wuhan, kota di mana Corona pertama kali dilaporkan, ada beberapa temuan baru.

Baca juga: WHO Pastikan Asal Usul Virus Corona Bukan dari Lab Wuhan

Perjalanan COVID-19 melewati jalur yang berbelit-belit

"Jalur yang mungkin dari spesies hewan asli apapun sampai ke pasar Huanan bisa mengambil jalur yang sangat panjang dan berbelit-belit," kata Embarek, dikutip dari Reuters.

Jika sumber dari hewan belum ditemukan, mungkinkah berasal dari frozen food?

Jejak Corona yang berulang kali dilaporkan China pada frozen food pun kerap menjadi pertanyaan. Namun, berdasarkan hasil identifikasi dari pedagang pasar yang menjual produk hewan beku termasuk hewan liar yang dibudidayakan, belum ada temuan terkait hal tersebut.

"Kami tahu virus dapat bertahan dalam kondisi yang ditemukan di lingkungan yang dingin dan beku ini, tetapi kami tidak benar-benar memahami apakah penularan bisa terjadi karena itu," tutur Embarek.

Apakah COVID-19 merebak jauh lebih dulu di luar Wuhan?

Tim WHO juga mencari sampel darah China yang bisa menunjukkan apakah COVID-19 beredar lebih awal dari yang dilaporkan. Bagaimana hasilnya?

"Dalam upaya memahami gambaran Desember 2019, kami melakukan pencarian yang sangat detail dan mendalam untuk kasus-kasus lain yang mungkin terlewat, kasus-kasus sebelumnya pada 2019," katanya.

"Dan kesimpulannya adalah kami tidak menemukan bukti wabah besar yang mungkin terkait dengan kasus COVID-19 sebelum Desember 2019 di Wuhan atau di tempat lain."



Simak Video "Permintaan AS ke WHO: Tim Riset Asal Usul Corona Balik Lagi ke Wuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)