Rabu, 10 Feb 2021 13:02 WIB

10 Obat Sakit Tenggorokan, Cara Alami Redakan Radang

Firdaus Anwar - detikHealth
Cup of tea, mint leaves, lemon slices and brown sugar Obat sakit tenggorokan berikut bisa dicoba di rumah. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sakit tenggorokan saat menelan dapat jadi hal yang mengganggu. Penyebabnya bisa karena berbagai hal, namun yang umum terjadi biasanya karena ada peradangan akibat infeksi.

Dikutip dari Mayo Clinic, sebagian besar kasus sakit tenggorokan akan sembuh sendiri. Obat sakit tenggorokan, seperti antibiotik atau terapi khusus hanya diberikan ketika sakit tenggorokan dinilai berisiko menimbulkan komplikasi.

Nah sebelum menemui dokter soal keluhan sakit tenggorokan, tidak ada salahnya mencoba 10 obat sakit tenggorokan alami ini:

1. Air hangat

Banyak-banyak minum air hangat bisa jadi cara yang paling mudah untuk mengobati sakit tenggorokan. Kadang rasa sakit bisa muncul ketika tenggorokan terlalu kering akibat pengaruh udara dan air hangat bisa membantu melembabkannya.

2. Madu

Madu sudah sejak lama digunakan sebagai antibiotik alami. Bila radang disebabkan oleh infeksi bakteri, maka madu dapat digunakan sebagai obat sakit tenggorokan.

Madu bisa dikonsumsi secara langsung, dicampur dengan air, atau ditambahkan ke minuman lainnya.

3. Akar manis

Akar manis atau licorice juga umum digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Hanya saja National Center for Complementary and Integrative Health menyarankan agar wanita hamil menghindari konsumsi akar manis berlebihan karena diketahui dapat berdampak pada kelahiran prematur.

Biasanya akar manis dikonsumsi dalam bentuk ramuan herbal atau teh sebagai obat sakit tenggorokan.

4. Teh mint

Daun mint atau peppermint mengandung mentol yang bisa melegakan tenggorokan dan membuat napas terasa segar. Daun mint juga bersifat antiradang dan antibakteri yang membuatnya cocok dipakai sebagai obat sakit tenggorokan.

Umumnya orang-orang memanfaatkan daunt mint di dalam teh, tapi ada juga yang menggunakannya dalam bentuk minyak atsiri.

5. Teh kamomil

Teh kamomil juga bisa jadi obat sakit tenggorokan karena mampu meredakan peradangan. Seduh teh kamomil dengan air panas ditambah madu bila ingin mendapatkan rasa manis.

6. Kumur air garam

Berkumur dengan air hangat yang sudah dicampur garam dapat membantu mengobati sakit tenggorokan. Alasannya karena air garam bisa mengurangi kemungkinan infeksi dengan mematikan kuman penyakit di mulut.

7. Cuka apel

Cuka apel yang dicampur air juga dapat digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Cara kerjanya hampir mirip dengan air garam yaitu dengan dipakai sebagai ramuan kumur.

Cuka apel diketahui bersifat antibakteri sehingga bisa mencegah infeksi.

8. Minyak eucalyptus

Minyak eucalyptus umum digunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan radang tenggorokan. Pada kasus sakit tenggorokan, minyak eucalyptus dapat dipakai dengan cara dihirup.

Kandungan senyawa eucalyptol yang ada di dalam eucalyptus diketahui bisa melegakan tenggorokan dan memecah lendir.

9. Istirahat

Kadang cara terbaik untuk mengobati sakit tenggorokan adalah dengan beristirahat. Lewat cara ini sistem imun dapat bekerja dengan lebih baik melawan infeksi, sehingga biasanya setelah bangun tidur tubuh akan terasa jadi lebih bugar.

10. Permen lozenge

Obat sakit tenggorokan lainnya yang juga bisa dimanfaatkan adalah permen lozenge. Permen-permen ini banyak dijual bebas dan secara umum mengandung bahan-bahan alami pereda sakit tenggorokan yang sudah dijelaskan sebelumnya.



Simak Video "Makan Es Krim Bikin Anak Batuk dan Flu? Begini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)