Rabu, 10 Feb 2021 22:00 WIB

7 Tips Menyusui Jika Ibu Mengidap Diabetes

Ardela Nabila - detikHealth
Tired mother holding her newborn child at home after tying to pump. Ilustrasi ibu menyusui (Foto: iStock)
Jakarta -

Kesehatan ibu menyusui merupakan salah satu faktor penting agar dapat menghasilkan Air Susu Ibu (ASI) yang berkualitas. Tetapi, seringkali beberapa ibu yang mengidap penyakit seperti diabetes merasa khawatir tidak bisa menyusui buah hatinya.

Sebenarnya, diabetes bukan merupakan kendala bagi para ibu menyusui. Pasalnya, menyusui justru dapat memberikan manfaat bagi para ibu serta sang buah hati.

Berdasarkan hasil penelitian, risiko terkena diabetes tipe 2 berkurang sekitar 15 persen bagi ibu menyusui. Selain itu, manfaat ini dapat dirasakan sekitar 15 tahun setelah kelahiran bayi.

"Sedangkan pada bayi, menyusui bisa menurunkan risiko berkembangnya diabetes tipe 2 sekitar 40 persen. Hal ini disebabkan karena bayi yang disusui memiliki kemungkinan lebih rendah mengalami obesitas," ujar dokter obgyn, Dr Shruti Kainth, dikutip dari Parenting Firstcry.

Lalu, apakah menyusui dapat mempengaruhi ibu dengan diabetes?

Perlu diketahui, diabetes yang tidak terkontrol pada ibu menyusui harus mendapatkan perhatian. Sebab, menyusui dapat mengurangi kadar gula, sehingga ibu perlu memerhatikan gula darahnya agar tidak turun. Dalam hal ini, kasus yang perlu mendapatkan perhatian adalah ibu yang sudah menggunakan insulin.

Selama proses menyusui, seorang ibu disarankan untuk mengonsumsi camilan lantaran kalori yang dibakar dalam proses menyusui memiliki peran aktif dalam menurunkan berat badan serta mengontrol kadar gula darah.

"Diet bergizi yang mengandung cukup protein dan karbohidrat juga bisa membantu ibu dengan diabetes. Penting juga untuk menjaga suplai ASI secara konsisten," kata Kainth.

Diabetes juga dapat berisiko saat bayi mengalami percepatan pertumbuhan karena terdapat peningkatan permintaan ASI dan bayi lebih sering menyusu dalam jumlah banyak.
Jika hal tersebut terjadi, kadar gula dalam tubuh ibu menyusui bisa menurun. Oleh sebab itu, ibu menyusui sebaiknya lebih hati-hati dan waspada.

Meskipun begitu, ibu dengan diabetes masih tetap bisa menyusui dengan maksimal guna memenuhi nutrisi anaknya. Namun, terdapat sejumlah hal penting yang harus diperhatikan agar kadar gula dalam tubuh ibu tetap stabil.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)