Kamis, 11 Feb 2021 15:05 WIB

Kapan Vaksin COVID-19 Diberikan ke Masyarakat? Ini Jadwalnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan masih terus berjalan. Pemprov DKI Jakarta gelar vaksinasi massal di Istora Senayan, Jakarta. Kapan vaksin COVID-19 diberikan ke masyarakat? (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Sejak vaksinasi Corona di Indonesia di mulai, pertanyaan yang sering muncul adalah kapan vaksin COVID-19 diberikan ke masyarakat? Seperti yang diketahui, tenaga kesehatan adalah kelompok prioritas penerima vaksin Corona kemudian dilanjutkan dengan petugas pelayanan publik.

Pemerintah mengamankan sekitar 400 juta dosis vaksin COVID-19 dari berbagai produsen untuk memvaksinasi kurang lebih 75 persen populasi di Indonesia. Saat ini vaksin COVID-19 yang digunakan adalah Sinovac sembari menunggu kedatangan vaksin lain yang akan digunakan.

Terkait rencana pemberian vaksin COVID-19 ke masyarakat, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI beberapa waktu lalu menyebut vaksinasi akan dilakukan secara bertahap

Sebanyak 1,48 juta tenaga kesehatan ditargetkan mendapat vaksin yang diharapkan selesai pada Februari. Selanjutnya pada 17,4 juta petugas publik termasuk kelompk TNI dan Polri. Lalu vakasinasi pada 21,5 juta Lansia juga akan dilakukan pada Maret-April.

"Setelah selesai, maka Mei akan dilanjutkan dengan vaksinasi seluruh masyarakat," ujar Menkes.

Kapan vaksin COVID-19 diberikan ke masyarakat? Berikut jadwalnya

Periode 1 (Januari-April 2021)

Sasaran vaksinasi COVID-19 tahap 1 adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).

Periode 2 (Januari-April 2021)

Sasaran vaksinasi COVID-19 tahap 2 adalah:

1. Petugas pelayanan publik, yaitu TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.

2. Kelompok usia lanjut (di atas 60 tahun).

- Periode 3 (April 2021-Maret 2022)

Sasaran vaksinasi COVID-19 tahap 3 adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

- Periode 4 (April 2021-Maret 2022)

Sasaran vaksinasi tahap 4 adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Pelaksanaan resmi mengenai kapan vaksin COVID-19 diberikan ke masyarakat juga akan mengacu pada pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin. Ke depannya, masyarakat umum yang divaksinasi akan menerima undangan lewat SMS dan selanjutnya dapat melakukan registrasi sebelum menerima vaksin.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)