Sabtu, 13 Feb 2021 11:13 WIB

Gaya Hidup Sehat Kak Seto yang Kini Didiagnosis Kanker Prostat

Ardela Nabila - detikHealth
Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya menginisiasi membuat gerakan Save Child On The Internet di Jakarta, Jumat (03/06/2016). Save Child On The Internet merupakan gerakan yang dibuat oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya yang didasari oleh terus naik nya angka kejahatan seksual terhadap anak dan kejahatan di dunia maya. Grandyos Zafna/detikcom Gaya hidup Kak Seto sebelum didiagnosis kanker prostat. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Seto Mulyadi atau yang kerap disapa dengan sebutan Kak Seto tengah menjalani perawatan usai dirinya didiagnosis mengidap penyakit kanker prostat. Psikolog sekaligus Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), membagikan kabar ini melalui laman Instagram pribadinya.

Menurutnya, selama beberapa pekan belakangan, kondisi kesehatannya memang sedang menurun. Ia pun melakukan pemeriksaan dan didiagnosis mengidap kanker prostat.

Hari ini, Sabtu (13/2/2021), Kak Seto diketahui akan menjalani operasi biopsi prostat untuk mengetahui apakah sel kanker yang terdapat dalam tubuhnya merupakan sel kanker jinak atau ganas.

"Sore ini saya sudah berada di rumah sakit untuk menjalani perawatan dan sekaligus persiapan guna dilakukannya operasi biopsi prostat besok pagi, Sabtu 13 Februari 2021. Dari hasilnya nanti akan diketahui apakah sel kanker yang ada termasuk jinak atau ganas," tulis Kak Seto, dikutip dari laman Instagram @kaksetosahabatanak pada Sabtu (13/2/2021).

Meski begitu, Kak Seto sendiri ternyata kerap menerapkan gaya hidup sehat. Di tengah kesibukannya, ia tetap rutin meluangkan waktu untuk berolahraga.

Menurutnya, olahraga merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar darah dalam tubuh tetap mengalir dengan lancar. Berikut gaya hidup sehat Kak Seto.

1. Rajin olahraga

Kak Seto rajin olahraga, dari hanya sekedar jogging hingga olahraga berat.

"Saya lari jogging empat lima sampe kilo masih sanggup, push up, salto, koprol, saya biasakan lakukan dengan gembira. Harus banyak gerak jangan mager," katanya beberapa waktu lalu.

Video dirinya sehabis renang juga sempat viral lantaran netizen dibuat salah fokus soal rambutnya. Kak Seto pun hingga kini masih sanggup push up puluhan kali.

"Kalau misalkan lagi ke luar kota nggak ada tempat paling lompat-lompat 50 kali atau push up 80 kali," kata Kak Seto seperti dikutip dari video Ngobrak, wawancara bersama Gofar Hilman.

2. Jago parkour

Dalam akun medsos pribadinya, Kak Seto terlihat rutin menjalani olahraga parkour. Di usianya yang tak lagi muda, Kak Seto kerap jadi sorotan karena tak semua orang memiliki stamina cukup kuat menekuni olahraga ini.

Seperti yang dilihat detikcom dalam salah satu postingan di akun Instagramnya, Kak Seto rutin olahraga parkour untuk mengatasi acrophobia.

"Sewaktu kecil saya pernah menderita acrophobia, yaitu phobia terhadap ketinggian. Setelah mengetahui cara untuk mengatasinya, saya mulai sering melakukan latihan dengan memanjat ke tempat-tempat yang cukup tinggi," jelas Kak Seto.

3. Vegan sejak 2012

Kak Seto mengatakan dirinya sudah menjadi vegan bertahun-tahun, bahkan sejak 2012. Ia menjadi vegan lantaran ingin memiliki pola hidup sehat hingga menciptakan lingkungan yang ramah, tidak mengonsumsi daging hewan.

"Tempe itu lebih dahsyat dari daging kambing, ayam dan sapi. Luar biasa," katanya saat diwawancarai detikHealth beberapa waktu lalu.

Sejak menjadi vegan, ia merasa tubuhnya lebih sehat dan tak rentan sakit.

"Justru saya makin fit. Nggak gampang masuk angin dan sakit, dulu kalo kehujanan pusing, sekarang nggak. Saya merasa lebih sehat, energik dan kreatif," kata Kak Seto.



Simak Video "Orang Tua Sebaiknya Tidak Menekan Anak Saat Belajar di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)