Sabtu, 13 Feb 2021 18:02 WIB

5 Makanan yang Dipercaya Cegah Kanker Prostat, Penyakit yang Diidap Kak Seto

Ardela Nabila - detikHealth
Rambut asli Kak Seto jadi perhatian Kak Seto mengumumkan dirinya didiagnosis kanker prostat. (Foto: Pingkan/detikHOT)
Jakarta -

Baru-baru ini, psikolog anak Kak Seto mengumumkan dirinya didiagnosis kanker prostat. Ia mengaku belakangan kondisi kesehatannya kerap menurun, hingga akhirnya ia harus menjalani perawatan di RS.

Penyakit kanker prostat, seperti yang diidap Kak Seto masih belum diketahui pasti penyebabnya. Namun, beberapa faktor risikonya bisa dipicu kondisi usia tua, diabetes hingga genetik.

Namun, pola hidup sehat seperti mengonsumsi beberapa makanan dan minuman disebut bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat. Apa saja di antaranya?

Berikut 5 makanan dan minuman yang diyakini bisa mencegah risiko terkena kanker prostat, dikutip dari Healthline.

1. Tomat

Kandungan antioksidan kuat dalam tomat yang disebut sebagai likopen memiliki manfaat untuk mencegah kanker prostat dan mengurangi pertumbuhan tumor pada penderita kanker prostat.

Likopen dapat menurunkan risiko kerusakan sel serta memperlambat produksi sel kanker. Namun, karena likopen terikat erat pada dinding sel, tubuh mengalami kesulitan dalam mengekstrak likopen dari tomat mentah. Oleh sebab itu, tomat yang telah dimasak merupakan cara terbaik untuk mengonsumsi buah ini.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang mengandung banyak senyawa kompleks yang dapat membantu melindungi diri dari risiko kanker. Kandungan sulforaphane serta senyawa antikanker lainnya dalam brokoli memiliki peran untuk secara selektif menargetkan dan membunuh sel kanker.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi brokoli dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat.

3. Kedelai

Senyawa fitoestrogen yang terdapat pada kedelai memiliki manfaat untuk menekan pertumbuhan tumor. Selain itu, kedelai mengandung isoflavon yang dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat hingga 20 persen.

Isoflavon sendiri adalah salah satu dari fitoestrogen. Fitoestrogen dapat membantu mengontrol hormon, kematian sel, dan efek antioksidan yang bermanfaat untuk melawan pertumbuhan sel kanker pada prostat.

4. Teh hijau

Minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh ini ternyata terbukti secara ilmiah dapat memberikan pengaruh baik terhadap kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa khusus dalam teh hijau dapat menurunkan risiko kanker prostat melalui pengaruh pertumbuhan tumor, kematian sel, dan pensinyalan hormon. Di antara senyawa yang terkandung dalam teh hijau dan memiliki manfaat bagi kesehatan adalah katekin, turuna xantin, epigallocatechin gallate (EGCG), dan epikatekin.

5. Jus delima

Sama halnya dengan teh hijau, jus delima juga kaya akan antioksidan. Minuman dari buah yang sering disebut "buah ajaib" ini mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah penyakit kronis yang berhubungan dengan stres oksidatif.

NCI (National Cancer Institute) mengatakan bahwa jus buah delima serta komponen bioaktif yang terkandung di dalamnya terbukti bisa menghambat perkembangan sel kanker prostat.



Simak Video "Mengenal Rekonstruksi Payudara untuk Penyintas Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)