Minggu, 14 Feb 2021 05:50 WIB

Round Up

3 Fakta Kanker Prostat, Penyakit yang Tengah Diidap Kak Seto

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Seto Mulyadi alias Kak Seto Kak Seto dikabarkan mengidap kanker prostat (Foto: Kintan Nabila/detikHealth)
Jakarta -

Psikolog sekaligus Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi alias Kak Seto mengidap kanker prostat. Kabar ini diungkapkannya dalam unggahan di akun Instagram pribadinya.

"Beberapa minggu belakangan ini kondisi kesehatan saya memang menurun. Dan setelah melakukan beberapa kali pemeriksaan, ternyata saya didiagnosa mengidap kanker prostat," jelas Kak Seto dikutip pada Sabtu (13/2/2021).

Kak Seto kini harus dirawat di rumah sakit dan menjalani operasi biopsi prostat, yaitu pemeriksaan biopsii untuk memastikan keberadaan kanker prostat tersebut.

"Dari hasilnya nanti akan diketahui apakah sel kanker yang ada termasuk jinak atau ganas," lanjut Kak Seto.

Apa itu kanker prostat?

Dikutip dari Mayo Clinic, kanker prostat merupakan kanker yang terjadi di prostat atau kelenjar kecil pada pria, yang menghasilkan cairan sperma. Sejauh ini, penyebab kanker prostat ini masih belum diketahui pasti.

Apa saja faktor penyebabnya?

Namun, ada beberapa kondisi yang rentan meningkatkan risiko terkena kanker prostat, yaitu:

1. Usia

Pada orang yang usianya lebih tua rentan terkena penyakit kanker prostat ini. Pada beberapa kasus, kanker ini dialami oleh orang-orang yang usianya di atas 50 tahun.

2. Riwayat keluarga

Riwayat keluarga atau keturunan juga bisa membuat seseorang rentan terkena kanker prostat. Jika dibandingkan dengan orang yang memiliki riwayat keluarga kanker payudara, risiko kanker prostat inilah yang lebih tinggi.

3. Obesitas

Orang yang mengalami obesitas juga berisiko tinggi terkena penyakit kanker prostat. Berdasarkan penelitian yang ada, kanker ini lebih cenderung agresif dan lebih mungkin 'kembali' pada orang gemuk, meskipun sudah menjalani perawatan medis sebelumnya.

Apa saja gejala kanker prostat?

Beberapa gejala awal yang bisa menunjukkan seseorang mengalami kanker prostat antara lain:

  • Kesulitan buang air
  • Darah dalam urine
  • Darah di air mani
  • Berat badan turun tiba-tiba
  • Disfungsi ereksi.


Simak Video "Kenali Gejala Dini Kanker Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)