Minggu, 14 Feb 2021 08:03 WIB

Virus Corona Sedunia Muat dalam Sekaleng Soda, Bagaimana Menghitungnya?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Man opening a beer tin and frothy foam splashing out Virus Corona di seluruh dunia muat dalam sekaleng soda (Foto: Getty Images/simonkr)
Jakarta -

Ahli matematika Inggris memperkirakan virus Corona di seluruh Bumi jika dikumpulkan akan muat dalam sekaleng soda ukuran 330 mL. Bagaimana menghitungnya?

Perhitungan ini dibuat oleh Kit Yates, seorang ilmuwan dari bath University. Awalnya, ia membuat perhitungan tersebut untuk tayangan BBC, More or Less.

Ia mengaku, awalnya tidak punya bayangan bagaimana menjawab seberapa banyak virus Corona di seluruh dunia. Namun ia lalu terpikir untuk mengkalkulasi seberapa banyak SARS-CoV-2, nama resmi virus penyebab COVID-19, yang bersirkulasi di seluruh dunia.

Menggunakan modelling statistik dan epidemiologis, Yates mendapatkan perkiraan jumlah orang yang terinfeksi tiap hari adalah sekitar 3 juta di seluruh dunia. Diambil rata-rata, ada sekitar 1 miliar hingga 100 miliar partikel virus pada tiap orang di fase puncak infeksinya.

Yates lalu menggunakan estimasi bahwa virus tersebut memiliki diameter 80-120 nanometer. Itu artinya, radius SARS-CoV-2 kira-kira 1.000 kali lebih tipis dari rambut manusia.

Dengan memperhitungkan bahwa spike protein atau mahkota pada virus Corona akan menciptakan celah, Yates mendapat perkiraan bahwa seluruh virus Corona di dunia jika dikumpulkan masih lebih sedikit daripada kapasitas kaleng soda ukuran 330 mL.

"Sungguh mengherankan untuk berpikir bahwa semua masalah, gangguan, kesulitan, dan hilangnya nyawa yang diakibatkan selama setahun terakhir bisa jadi hanya beberapa suapan dari minuman terburuk dalam sejarah," kata Yates, dalam tulisannya di The Conversation.

Meski cuma seukuran kaleng soda, virus Corona hingga saat ini telah menjangkiti lebih dari 109 juta manusia di seluruh dunia. Lebih dari 2,4 juta kematian terjadi karena infeksi virus ini.



Simak Video "Hati-hati dengan Badai Sitokin "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)