Minggu, 14 Feb 2021 17:16 WIB

Banyak Klaim 'Hamil Tanpa Berhubungan Seks', Dokter Singgung Kejiwaan

Vidya Pinandhita - detikHealth
Silhouette of pregnant woman Viral hamil tanpa berhubungan seks (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang wanita di Cianjur mengaku hamil tanpa pernah berhubungan seks, bahkan langsung melahirkan 1 jam kemudian. Dalam dunia medis, tidak ada teori yang memungkinkan hal itu bisa terjadi begitu saja.

Untuk bisa hamil, sel telur harus dibuahi oleh sel sperma dan itu terjadi melalui hubungan seks. Kalaupun tanpa hubungan seks, harus dibantu teknologi in vitro fertilisation (ivf) atau bayi tabung.

Dokter spesialis kandungan Hasto Wardoyo, SpOG menjelaskan, kabar viral wanita asal Cianjur ini memang bukan satu-satunya kasus wanita hamil tanpa merasa pernah berhubungan seks.

"Bukan hanya kali ini perempuan mengaku tidak sama sekali berhubungan seks tapi hamil. Padahal sebenarnya ada konteks seksual," terang dr Hasto pada detikcom, Minggu (14/2/2021).

Dalam beberapa kasus, 'hamil tanpa berhubungan seks' berhubungan dengan kondisi kejiwaan. Seseorang yang mengalami gangguan psikosis bisa mengalami delusi, meyakini sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan.

"Perlu kewaspadaan terkait dengan status kejiwaan seseorang ketika ada keanehan. Tidak sedikit orang dengan gangguan jiwa ringan atau berat yang punya waham 'isi pikiran yang sangat diyakini sehingga tidak bisa dibantah orang lain padahal salah'. Ini bisa terjadi kepada siapa saja. Bahkan halusi dan ilusi bisa terjadi," terang dr Hasto.

Ada atau tidaknya gangguan jiwa tentu tidak bisa dipastikan tanpa pemeriksaan psikologis.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)