Senin, 15 Feb 2021 06:08 WIB

Round Up

Hamil Mendadak Tanpa Berhubungan Seks Tak Mungkin Terjadi, Ini Alasannya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Pregnancy test stick with two stripes standing on wooden table. Viral kasus hamil mendadak tanpa hubungan seks (Foto: Getty Images/iStockphoto/adventtr)
Jakarta -

Kabar seorang wanita mendadak hamil dan melahirkan 1 jam kemudian ramai diperbincangkan. Menurut dokter, hal itu tidak mungkin terjadi tanpa bantuan teknologi.

Dokter kandungan dari RS Pondok Indah, dr Ni Komang Yeni Dhana Sari, SpOG, menjelaskan bahwa kehamilan secara alami pada manusia harus didahului dengan penetrasi dan masuknya sel sperma. Itupun dengan syarat kualitas sperma baik dan terjadi saat sedang masa ovulasi.

Tanpa penetrasi, vagina secara anatomis akan menutup sehingga sperma sulit masuk begitu saja. Adanya penetrasi dan ejakulasi akan mendorong sperma untuk langsung meluncur menuju sel telur hingga terjadi pembuahan.

"Secara anatomi, vagina itu tertutup kalau ada sesuatu yang mendorong. Bayangkan dia bentuknya seperti benda yang masuk ke situ, saking elastisnya. Kalau jari ya (berbentuk) jari. Kalau tidak ada yang masuk ya bentuknya collapse saja," jelas dr Yeni, Minggu (15/2/2021).

Yang pasti, rumor tentang kehamilan mendadak tanpa didahului hubungan seks bukan 1-2 kali saja terdengar. Dalam banyak kasus, klaim semacam ini dikaitkan dengan cryptic pregnancy yakni kondisi seseorang tidak menyadari kehamilannya.

Meski tidak selalu, cryptic pregnancy juga sering dikaitkan dengan kondisi kejiwaan tertentu. Butuh pemeriksaan psikologis untuk memastikannya.



Simak Video "Brasil Hentikan Sementara Vaksin AstraZeneca untuk Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)