Selasa, 16 Feb 2021 20:55 WIB

4 Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Ardela Nabila - detikHealth
Pregnant woman standing by the big window with face medical mask on. Worries about child birth during pandemic. Mengatasi bengkak saat hamil (Foto: Getty Images/iStockphoto/Lordn)
Jakarta -

Kehamilan merupakan momen istimewa bagi para wanita sekaligus momen di mana wanita mengalami banyak perubahan fisik.

Tak hanya perut yang membengkak dengan adanya kehadiran bayi dalam tubuh wanita, namun bagian tubuh lainnya, seperti tangan dan kaki, juga turut ikut membengkak.

Namun, para ibu hamil tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Pasalnya, kondisi tersebut merupakan hal yang umum terjadi selama masa kehamilan.

Seorang health coach bernama Jaime McFaden asal Aaptiv mengatakan bahwa mengalami pembengkakan selama kehamilan sangatlah normal.

"Tubuh Bunda berubah drastis dan hormon pun berubah. Bunda memproduksi lebih banyak cairan dalam tubuh daripada sebelumnya sehingga tubuh dapat melembutkan dan memberi ruang untuk bayi," ujarnya, dikutip dari laman Aaptiv.

McFaden kemudian juga menambahkan bahwa sebanyak 20 persen dari kenaikan berat badan yang sehat selama masa kehamilan disebabkan oleh peningkatan cairan tersebut. Selain itu rahim yang terus bertumbuh juga dapat memberikan tekanan pada pembuluh darah, sehingga aliran darah rusak dan kembali ke jantung.

Umumnya, terdapat sejumlah bagian tubuh yang tampak membengkak, seperti pada tungkai, kaki, serta pergelangan kaki. Hal tersebut biasanya terjadi apabila ibu hamil sering berdiri atau berjalan-jalan dalam waktu lama. Tak hanya kaki, tangan dan wajah pun bisa saja membengkak.

Dahlas Fletcher, seorang spesialis olahraga kehamilan, mengatakan bahwa tidak jarang ibu hamil juga mengalami keram selama masa kehamilan, khususnya pada trimester ketiga.

Banyak pula ibu hamil yang turut mengalami beberapa bentuk kejang otot di kaki dengan keram yang sering terjadi pada saat tidur. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan, yakni adanya penambahan berat badan alami selama kehamilan, perubahan sirkulasi dengan tekanan bayi yang sedang bertumbuh, gerakan terbatas dan perubahan postur tubuh, serta beberapa alasan lainnya.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Brasil Hentikan Sementara Vaksin AstraZeneca untuk Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)