Jumat, 19 Feb 2021 15:14 WIB

Bumil, Catat 10 Tips Agar Cepat Pulih Pasca Persalinan

Ardela Nabila - detikHealth
Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery. Ilustrasi persalinan. (Foto: iStock)
Jakarta -

Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh seorang ibu yang baru saja melahirkan adalah masa pemulihan usai persalinan normal. Pasalnya, tidak sedikit ibu yang mengalami nyeri akibat luka robek pasca persalinan.

Seorang dokter obgyn bernama Anna Targonskaya, MD mengatakan bahwa waktu pemulihan pasca persalinan normal merupakan waktu dimana seorang wanita membiarkan tubuh serta vagina kembali pulih. Sehingga, jangan berharap tubuh dapat pulih hanya dalam waktu singkat.

"Waktu pemulihan mungkin berbeda pada setiap orang karena sistem tubuh wanita berbeda dalam menanggapi kehamilan dan persalinan," kata Targonskaya, dikutip dari laman Flo.

Secara umum, pemulihan usai persalinan normal memakan waktu selama 6 sampai 8 minggu. Dalam melewati masa ini, wanita diharapkan dapat menjalani masa pemulihan dengan baik.

Lalu, apa saja hal yang bisa dilakukan oleh seorang ibu yang melahirkan agar dapat cepat pulih? Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 cara yang dapat ibu lakukan untuk memulihkan tubuh.

1. Kompres es

Biasanya, 24 jam pertama pasca melahirkan, dokter akan menyarankan ibu untuk mengompres area bengkak di daerah vagina dengan menggunakan es. Hal ini diketahui dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh pembengkakan.

2. Mandi air hangat

Mandi air hangat selama 20 menit juga bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri. Namun, ibu harus mengusahakan untuk menghindari posisi berdiri atau duduk dalam jangka waktu lama.

Selain itu, sebelum dan sesudah buang air kecil, ibu juga bisa mengusap area perineum dengan air hangat guna mencegah iritasi pada kulit yang robek karena air seni.

3. Lakukan senam kegel

Selanjutnya, ibu bisa mulai mencoba senam kegel setelah melahirkan atau usai ibu merasa nyaman. Pasalnya, gerakan dalam senam kegel dapat memperkuat kembali otot dasar panggul, sehingga dapat mengontrol buang air kecil atau stres inkontinensia. Ibu dapat melakukan latihan senam kegel sebanyak 3 set setiap harinya.

KLIK DISINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Begini Prosedur Persalinan di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)