Minggu, 21 Feb 2021 21:45 WIB

Menkes: Vaksinasi Tahap 2 di Yogya Dilakukan Secara Massal di 3 Titik

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Sultan HB X Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Sri Sultan HB X (Foto: Dok. Humas Pemda DIY)
Yogyakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan melakukan vaksinasi tahap 2 secara massal. Nantinya vaksinasi massal itu akan berlangsung di 3 titik.

Budi mengatakan, vaksinasi akan dilakukan secara massal yang berlangsung di tiga tempat, yakni Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Taman Parkir Abu Bakar Ali. Vaksinasi tersebut direncanakan akan dimulai pada Senin (1/3/2021), untuk itu Budi meminta izin kepada Sultan.

"Saya menghadap ini karena saya mau minta izin kepada Ngarsa Dalem karena rencana 1 Maret kami akan mengadakan vaksinasi untuk pedagang di Pasar Beringharjo. Apalagi beliau tuan rumah, karena itu minta izin dan semoga agendanya dapat berjalan lancar," kata Budi melalui keterangan tertulis Humas Pemda DIY kepada wartawan, Minggu (21/2/2021).

Terlebih, setelah tahapan vaksinasi untuk tenaga kesehatan adalah menyasar para lansia, petugas hingga pekerja publik. Budi mendefinisikan pekerjaan publik yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 tahap kedua adalah pekerjaan sehari-hari yang berhadapan dengan orang banyak.

Terkait banyaknya pedagang yang disasar, Budi menilai pedagang pasar adalah pihak yang cukup rentan terpapar COVID-19. Mengingat mereka sering berinteraksi dengan banyak orang.

"Kita lihat kalau mereka kan ketemu dengan langganannya, ketemu banyak orang, oleh karena itu kita akan vaksinasi mereka," ujarnya.

Di lain sisi, Budi juga menyampaikan penilaiannya akan program vaksinasi COVID-19 DIY tahapan pertama yang telah selesai dilaksanakan. Oleh sebab itu, vaksinasi tahap kedua akan dimulai dan memprioritaskan lansia.

"Tenaga kesehatan di DIY hampir semuanya sudah divaksinasi. Meski masih ada beberapa yang perlu diberikan vaksin tambahan, itu sudah didata dan akan dilakukan segera," katanya.

"Selain itu, vaksinasi untuk lansia DIY yang berjumlah sekitar 15 persen akan diprioritaskan," lanjut Budi.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengatakan, bahwa pemberian vaksin untuk pedagang di Pasar Beringharjo tidak hanya menyasar pedagang di dalam pasar. Namun pelaksanaannya akan secara menyeluruh.

"Vaksinasi akan diberikan kepada seluruh pedagang pasar tanpa terkecuali, termasuk pedagang keliling, pedagang los, buruh, pedagang kaki lima, semuanya," katanya.

"Dan (Vaksinasi massal) akan digelar kurang lebih sekitar empat hingga lima hari," lanjut Sultan.

Selain itu, data dan jumlah penerima vaksinasi massal sudah ada dan berada dibawah koordinasi pemerintah Kota Yogyakarta. Sementara jumlah total penerima vaksinasi COVID-19 DIY tahap kedua di semua kabupaten/kota di DIY masih dalam proses pendataan.

Selanjutnya
Halaman
1 2