Kamis, 25 Feb 2021 05:50 WIB

Waspada! Ini 5 Tanda COVID-19 Mulai Mengancam Jantung dan Pembuluh Darah

Ayunda Septiani - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Virus corona COVID-19 adalah penyakit yang menyerang pernapasan. Tetapi, dampak virus Corona COVID-19 ke organ vital juga cukup besar.

COVID-19 disebut bisa menyebabkan kerusakan pada jantung, otak, dan darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan dan komplikasi pada pasien tak terkecuali pada orang yang masih muda.

Komplikasi aliran darah juga bisa muncul sebagai tanda pasca COVID-19 dan menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa karena kurangnya pengetahuan. Oleh karena itu, banyak dokter yang memperingatkan pasien virus Corona untuk selalu berhati-hati dalam melakukan pemeriksaan preventif, termasuk setelah sembuh.

Virus Corona COVID-19 adalah infeksi kompleks yang melibatkan paru-paru dan jantung. Infeksi COVID-19 ini bisa menyebabkan kerusakan pada darah yang mengalir melalui pembuluh darah.

Pembekuan darah yang bisa mengganggu aliran darah bisa menyebabkan gejala ringan hingga mengancam jiwa pada pasien virus Corona.

Artinya, jika gumpalan darah menghalangi aliran darah yang mengalir melalui arteri atau vena, kondisi tersebut menyebabkan kerusakan jaringan dan kekurangan oksigen. Hingga akhirnya, kondisi itu bisa membuat sel-sel di jaringan itu mati.

Meskipun sebagian pembekuan darah dianggap normal, pembekuan darah yang tidak normal pada kasus virus Corona inilah yang dikhawatirkan.

Karena, virus Corona juga mengaktifkan sitokin dan respons peradangan di dalam tubuh. Pasien dengan virus Corona bisa meningkatkan pembekuan darah di tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Satgas soal Laporan Kasus Covid-19 di RSCM: Ada Sedikit Peningkatan"
[Gambas:Video 20detik]