Jumat, 26 Feb 2021 07:36 WIB

5 Keluhan Sehari-hari Ini Termasuk Gejala COVID-19, Begini Membedakannya

Firdaus Anwar - detikHealth
Pemerintah Desa Merdikorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta, menyiapkan tempat isolasi untuk pasien COVID-19. Dua psien tengah diisolasi di sini. Virus Corona COVID-19 (Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Batuk, sakit kepala, sampai kelelahan bisa menjadi gejala COVID-19. Hanya saja karena gejala-gejala tersebut bersifat umum, kadang seseorang bisa kesulitan membedakannya dengan kondisi atau penyakit lain.

Bagaimana cara membedakan gejala COVID-19 yang umum dengan penyebab lain? Menurut ahli ada beberapa kekhasan yang bisa diperhatikan.

Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut beda gejala umum dari infeksi COVID-19:

1. Batuk

Spesialis paru-paru dr Budhi Imansyah, SpP, FISR, dari Primaya Hospital Bekasi Barat menjelaskan biasanya orang akan batuk karena beberapa hal, misalnya terpapar udara kotor atau karena kebiasaan merokok. Nah pada kasus infeksi virus Corona, batuk ini muncul tanpa penyebab yang jelas dan terus menerus.

Selain itu batuk karena COVID-19 juga biasanya kering alias tidak berdahak.

2. Sakit kepala

Sakit kepala yang berlangsung lama dan terasa seperti berdenyut-denyut bisa jadi tanda infeksi COVID-19. Para ahli mengatakan bahwa orang yang menderita sakit kepala akibat COVID-19 kemungkinan akan mengalami rasa nyeri sakit kepala parah sampai mengganggu konsentrasi.

3. Nyeri

Nyeri otot karena infeksi COVID-19 disebabkan oleh repons peradangan tubuh. Nyeri otot ini bisa terasa seperti terjadi di seluruh tubuh, berbeda dengan nyeri akibat aktivitas fisik atau olahraga yang biasanya terpusat di lokasi cedera.

4. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan merupakan gejala yang umum muncul ketika terjadi infeksi. Ahli mengaku sulit untuk sekilas membedakan apakah sakit tenggorokan disebabkan oleh COVID-19 atau virus lain, misalnya flu.

Satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan gejala penyerta. Misalnya apakah sakit tenggorokan disertai juga dengan batuk kering, sakit kepala, atau nyeri berkepanjangan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

5. Letih

Fatigue atau keletihan jadi salah satu gejala yang paling sering dirasakan oleh pasien positif COVID-19. dr Amesh Adjal dari Johns Hopkins Center for Health Security mengatakan untuk tahu apakah letih disebabkan karena COVID-19, seseorang harus tahu dulu hal-hal apa yang mungkin bisa menimbulkan itu.

"Kamu harus memikirkan mengapa kamu merasa letih. Apakah karena habis berlari marathon, telat bangun tidur, atau belajar karena ujian? Kamu harus mencoba mencari penjelasan," ungkapnya.

Bila letih muncul secara mendadak tanpa sebab yang jelas ditambah ada juga gejala lainnya, maka bisa jadi itu gejala COVID-19.



Simak Video "Hati-hati dengan Badai Sitokin "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)