Senin, 01 Mar 2021 12:35 WIB

Saling Meminjam Earphone, Amankah? Ini Kata Dokter THT

Ardela Nabila - detikHealth
Young woman with a Bluetooth earphone Earphone bisa menularkan infeksi (Foto: iStock)
Jakarta -

Bahaya pemakaian earphone dan headset makin banyak dikhawatirkan seiring makin populernya aktivitas teleconference. Terkadang ketika harus mengikuti banyak meeting virtual, seseorang bisa menggunakan earphone hingga sepanjang hari.

Sementara jika tidak dilakukan dengan hati-hati, penggunaan earphone dan headset justru dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan telinga. Selain penggunaan earphone berlebihan, ternyata saling meminjam earphone juga bisa berbahaya, lho.

Menurut dr Eka Putra Setiawan, Sp THT-KL (K) dari RSUP Sanglah Denpasar, hal ini tidak disarankan lantaran setiap orang memiliki kesehatan telinga yang berbeda-beda, sehingga bakteri dan virus bisa saja menular melalui peminjaman earphone.

"Kesehatan telinga setiap orang kan berbeda-beda, ya, jadi otomatis bakteri atau bahkan virus itu bisa ditularkan," ujar dokter Eka, Senin (1/3/2021).

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa penyakit tertentu bisa menular jika seseorang saling meminjam earphone dan headset. Oleh sebab itu, jika ingin meminjamkan earphone kepada orang lain, harus diperhatikan siapa orang yang meminjam earphone tersebut.

"Ada penyakit yang cukup mengkhawatirkan ini, HIV itu berbahaya sekali, atau hepatitis, ya, itu bisa ditular secara sentuhan melalui pertukaran earphone. Itu hati-hati, ya. Hati-hati juga melihat siapa yang diajak bertukar (earphone), lihat riwayatnya, apakah ada penyakit yang berisiko, berbahaya," jelasnya.

Sebagai catatan, Center of Disease Control and Prevention (CDC) utamanya ditularkan melalui kontak cairan tubuh seperti darah, sperma, dan cairan vagina. Sentuhan kulit dan kontak keringat bukan jalur penularan HIV.

Kembali soal pinjam-meminjam earphone, dokter Eka juga mengatakan bahwa hal itu dapat menyebabkan telinga menjadi gatal.

"Pada orang-orang tertentu yang (telinganya) sensitif, dia akan menimbulkan alergi kontak, sehingga akan menimbulkan rasa gatal. Atau juga earphone-nya kurang bersih, atau yang pinjam dari temannya, saling ganti-ganti, itu yang menyebabkan gatal," pungkas dokter Eka.

Seorang pakar dari University of Arizona, Kelly Reynolds, PhD, mengatakan bahwa meminjam earphone dan headphone dengan orang lain dapat menyebabkan munculnya bakteri baru pada telinga.

"Saat kamu meminjamkan headphone, mikroflora pada telinga akan bertambah, sehingga menimbulkan munculnya bakteri baru," ujar dokter Reynolds, dikutip dari Cosmopolitan.

Menurutnya, jika bakteri baru terus bertambah melalui peminjaman earphone dan headphone, maka hal tersebut dapat menyebabkan infeksi pada telinga.



Simak Video "Muncul Infeksi Jamur Kuning di India, Susul Kasus Jamur Hitam-Putih"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)