Rabu, 03 Mar 2021 13:19 WIB

Aktris Gwyneth Paltrow Klaim Diet Keto Bisa Sembuhkan Long COVID

Firdaus Anwar - detikHealth
HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 22:  Actress Gwyneth Paltrow attends the 87th Annual Academy Awards at Hollywood & Highland Center on February 22, 2015 in Hollywood, California.  (Photo by Jason Merritt/Getty Images) (Foto: Jason Merritt/Getty Images)
Jakarta -

Aktris Gwyneth Paltrow dalam unggahan di blog bercerita tentang pengalamannya mengalami gejala COVID-19 berkepanjangan atau disebut juga long COVID. Wanita yang kerap disebut 'guru kesehatan' ini mempromosikan metode diet keto vegetarian, sauna, dan mengonsumsi berbagai vitamin.

Gwyneth mengaku long COVID membuatnya kerap merasa letih dan kebingungan. Oleh karena itu ia berusaha mencoba meresepkan metode 'kebugaran' bersama rekannya.

"Saya terinfeksi COVID-19 beberapa waktu lalu, dampaknya saya merasakan lelah jangka panjang dan kebingungan. Pada bulan Januari saya menjalani tes yang menunjukkan tubuh saya memiliki tingkat peradangan tinggi," kata Gwyneth.

Apakah diet keto vegetarian benar bisa obati long COVID?

Ahli penyakit infeksi dari University of Alabama, Michael Saag, meragukan apa yang diklaim oleh sang aktris. Alasannya sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang mendukung.

"Saya tidak tahu rasionalitas ilmiah di balik pendekatan ini dan tidak tahu studi klinis dengan data yang menunjukkan efikasi intervensi tersebut," kata Michael seperti dikutip dari Live Science, Rabu (3/3/2021).

Direktur National Health Service (NHS) Inggris, Stephen Powis, juga menyuarakan hal yang sama. Ia mengkritik Gwyneth Paltrow yang seharusnya bisa lebih bertanggung jawab dalam menyebarkan informasi.

"Beberapa hari ini saya melihat Gwyneth Paltrow, sangat disayangkan, menderita efek dari COVID. Kami berharap ia bisa segera membaik, tapi beberapa solusinya itu bukan sesuatu yang kami rekomendasikan di NHS," kata Stephen.

"Kita harus menghadapi long COVID dengan serius menggunakan ilmu pengetahuan yang serius juga. Semua influencer yang menggunakan media sosial seharusnya punya tanggung jawab dan tugas untuk berhati-hati terkait hal itu," pungkasnya.

Gwyneth Paltrow memang kerap mendapat kritikan karena memberi saran-saran kesehatan yang meragukan. Mulai dari berolahraga dengan memasukkan batu giok ke vagina sampai aromaterapi dengan lilin berbau organ intim.



Simak Video "Temuan WHO: Seperempat Penyintas Corona di Dunia Alami Long Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)