Kamis, 04 Mar 2021 15:11 WIB

Vaksin COVID-19 Merah Putih Disiapkan untuk Program Vaksinasi Ulang

Firdaus Anwar - detikHealth
Infografis Vaksin Merah Putih Vaksin Merah Putih akan dilibatkan dalam bagian akhir program vaksinasi COVID-19. (Foto ilustrasi: detikcom)
Jakarta -

Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro menjelaskan riset vaksin COVID-19 Merah Putih masih berlangsung. Vaksin ditargetkan akan dipakai dalam bagian akhir program vaksinasi nasional.

Bambang menjelaskan bahwa masih belum diketahui akan seperti apa akhir dari pandemi COVID-19. Sementara itu, antibodi yang dihasilkan dari program vaksinasi saat ini mungkin tidak akan bertahan seumur hidup.

Oleh karena itu di masa depan ada kemungkinan diperlukan program vaksinasi ulang.

"Targetnya adalah vaksin Merah Putih COVID-19 ini bisa ikut terlibat dalam bagian akhir program vaksinasi nasional atau menjadi booster dan juga semacam persiapan vaksinasi ulang," kata Bambang dalam konferensi daring oleh UGM Science Techno Park, Kamis (4/3/2021).

"Karena ada kemungkinan daya tahan tubuh yang kita dapatkan sekarang, termasuk Sinovac, tidak akan bertahan seumur hidup... Sehingga kesiapan untuk vaksinasi ulang atau booster itu menjadi sangat diperlukan," lanjutnya.

Bibit vaksin Merah Putih disebut akan diserahkan ke Bio Farma pada Maret 2021. Selanjutnya, vaksin akan melewati uji klinis fase I, II, dan III, serta dievaluasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mendapat izin penggunaan.



Simak Video "2 Progres Vaksin Merah Putih Tercepat: Buatan Eijkman dan UNAIR"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)