Jumat, 05 Mar 2021 14:54 WIB

Banyak yang Baru, Ada Berapa Sih Varian Corona di Seluruh Dunia?

Ayunda Septiani - detikHealth
Virus Corona terbaru atau Sars-Cov-2 yang menjadi penyebab COVID-19 memang berbahaya. Tapi tampilannya di bawah mikroskop bisa sangat bertolak belakang. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: NIAID)
Jakarta -

Virus Corona COVID-19 diketahui telah bermutasi dan melahirkan beberapa varian baru. Beberapa varian disebut lebih menular.

Berbagai varian baru virus Corona telah muncul, antara lain di Afrika Selatan dan Brasil. Para ilmuwan telah mengetahui bahwa virus Corona berubah dengan cara yang meningkatkan kemampuannya untuk menyebar dan dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Bagaimana varian virus Corona bisa terjadi?

Profesor epidemiologi di sekolah kesehatan masyarakat Emory University di Atlanta, Ben Lopman, PhD menyebut keberadaan varian baru mungkin bisa mengkhawatirkan masyarakat umum. Namun ini sepenuhnya belum terbukti.

"Virus menyebar dengan menggandakan dirinya sendiri, dan proses replikasi tersebut tidak sempurna," jelasnya, seperti dikutip dari laman Today.

"Virus terkadang membuat kesalahan. Sebagian besar kesalahan tersebut tidak berguna atau akan mematikan virus. Terkadang, salah satu kesalahan itu bermanfaat. Ini bisa, misalnya, membuat virus lebih mudah ditularkan dari orang ke orang dengan mengubah genetika dalam beberapa cara," tambahnya.

CDC menyebut varian Inggris lebih menular daripada varian lain. Tampaknya varian ini mereplikasi lebih efisien, yang artinya orang yang terinfeksi Corona sebenarnya menghasilkan lebih banyak virus atau menyebarkan virus lebih tinggi.

Associate director of applied genomics at Cedars-Sinai medical center in Los Angeles, Jasmine Plummer, PhD, menyebut virus yang memperoleh mutasi tidak selalu menjadi buruk.

Ada berapa galur COVID-19?

Strain baru terjadi saat virus mengalami satu atau lebih mutasi yang mengubah perilakunya dalam beberapa cara. Tetapi varian ini berkembang ketika virus mengalami mutasi apapun, jelas Dr Patricia Couto, seorang dokter penyakit menular di Orlando Health di Florida.

Perlu untuk diketahui, banyak varian virus Corona di luar sana, tetapi sangat sedikit yang mengkhawatirkan karena tampaknya menyebar lebih cepat dan mungkin bisa menggantikan varian yang sebelumnya dominan.

Ada beberapa varian virus Corona yang saat ini tengah jadi perhatian dunia, termasuk Varian Inggris B117 dan Varian Afsel B.1.351. Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Varian Baru Corona B117 Disebut 71 Persen Cepat Menular"
[Gambas:Video 20detik]