Sabtu, 06 Mar 2021 12:06 WIB

WHO Batal Rilis Laporan Sementara Hasil Investigasi Corona di Wuhan, Kenapa?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Medical staff members carry a patient into the Jinyintan hospital, where patients infected by a mysterious SARS-like virus are being treated, in Wuhan in Chinas central Hubei province on January 18, 2020. - The true scale of the outbreak of a mysterious SARS-like virus in China is likely far bigger than officially reported, scientists have warned, as countries ramp up measures to prevent the disease from spreading. (Photo by STR / AFP) / China OUT Pandemi Corona di Wuhan. (Foto: STR/AFP)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membatalkan rencana untuk merilis laporan sementara dari hasil tim investigasi Corona di China. Tim ini dikirim untuk menyelidiki asal-usul dari pandemi yang pertama kali teridentifikasi di Wuhan, China.

Pernyataan ini dilaporkan oleh The Wall Street Journal pada Kamis (4/3/2021) malam.

Sebelumnya, pada 12 Februari 2021 lalu Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa laporan pendahuluan dengan ringkasan temuan dari tim akan segera dirilis. Kemudian, laporan lengkapnya juga akan dipublikasi dalam hitungan minggu.

Namun, rencana perilisan laporan tersebut dibatalkan. Menurut juru bicara WHO, nantinya tim investigasi yang akan menerbitkan laporan secara lengkap dengan ringkasan temuan-temuan pentingnya.

"Menurut definisi, ringkasan ini tidak memiliki semua detail rincian," kata pimpinan tim investigasi WHO, Dr Ben Embarek yang dikutip dari The Straits Times, Jumat (5/3/2021).

"Jadi, karena begitu banyak yang tertarik dengan laporan ini, ringkasannya saja tidak akan memuaskan rasa penasaran pembaca," lanjutnya.



Simak Video "Permintaan AS ke WHO: Tim Riset Asal Usul Corona Balik Lagi ke Wuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)