Senin, 08 Mar 2021 09:46 WIB

AS Diprediksi Bisa Capai Herd Immunity Corona di September, Ini Alasannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Total kasus virus Corona (COVID-19) di Amerika Serikat (AS) melampaui angka 20 juta kasus saat tahun baru atau pada 1 Januari 2021. Prediksi kapan AS mencapai herd immunity. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Amerika Serikat jadi salah satu negara yang diprediksi mendekati kekebalan kelompok atau herd immunity virus Corona. Di AS, laju pemberian vaksin Corona terus meningkat setiap hari, semakin mendekatkan negara tersebut pada herd immunity.

Dikutip dari CNN, dalam sepekan belakangan, AS memvaksinasi sekitar 2 juta orang per hari. Dengan kecepatan ini, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) memprediksi negara tersebut bisa mencapai herd immunity dengan vaksinasi pada musim panas. Kemungkinan akan lebih cepat lagi, jika memperhitungkan individu yang telah memiliki kekebalan karena infeksi.

Kekebalan kelompok disebut akan tercapai ketika 70-85 persen penduduk memiliki antibodi terhadap penyakit. Saat ini lebih dari 8 persen populasi atau sekitar 28 juta orang, sudah divaksinasi penuh, menurut data terbaru dari CDC.

Jika vaksinasi di AS berlanjut pada kecepatannya saat ini dan vaksin dua dosis dari Pfizer/BioNTech dan Moderna adalah satu-satunya pilihan yang tersedia, 70 persen populasi AS dapat divaksinasi penuh pada pertengahan September.

Dengan kecepatan saat ini sekitar 2 juta dosis per hari, termasuk 100 juta dosis vaksin Johnson & Johnson sekali pakai, 70 persen dari populasi AS bisa mendapatkan dosis penuh sekitar akhir Juli dan 85 persen pada pertengahan September, menurut analisis CNN.

CDC memperkirakan bahwa lebih dari seperempat populasi di AS mungkin telah terinfeksi COVID-19, meningkatkan jumlah populasi yang sudah terlindungi hingga hampir sepertiganya.

Dengan asumsi tidak ada tumpang tindih antara orang-orang dengan kekebalan alami dan mereka yang dilindungi melalui vaksinasi, kekebalan kelompok dapat dicapai paling cepat Juni.

Para ahli mencatat bahwa beberapa varian baru mengancam vaksinasi, berpotensi mengurangi perlindungan yang ditawarkan oleh vaksin dan menghilangkan beberapa tingkat kekebalan alami. Namun sampai saat ini para peneliti masih meyakini vaksin masih ampuh dalam membentuk antibodi virus Corona.



Simak Video "Herd Immunity akan Sulit Dicapai Jika..."
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)