Rabu, 10 Mar 2021 13:00 WIB

Lansia DKI Bisa Vaksinasi di Istora Senayan, Begini Cara Daftarnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga kelompok lanjut usia (lansia) saat vaksinasi massal di SMA Negeri 8 Jakarta, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (1/3). Vaksinasi COVID-19. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Kabar baik bagi para lansia di DKI Jakarta, vaksinasi massal digelar di Istora Senayan pada 8 Maret hingga 10 Mei 2021. Kegiatan ini merupakan bagian dari Sentra Vaksinasi COVID-19 Bersama, kolaborasi kolaborasi antara Kementerian BUMN dan Kementerian Kesehatan.

Kegiatan ini juga sempat viral melalui broadcast yang beredar di beberapa platform berbagi pesan. Disebutkan, lansia dari luar DKI juga bisa ikut, cukup datang dengan bawa KTP tanpa harus mendaftar. Dipastikan, informasi ini adalah hoax.

Lalu bagaimana mekanisme yang benar?

Dikutip dari media sosial Sentra Vaksinasi COVID-19 Bersama dan dikonfirmasi subkoordinator hubungan masyarakat Kementerian BUMN, Umi Gita Nugraheni, berikut mekanismenya.

1. Sebelum waktu vaksinasi

Para peserta vaksinasi harus mengisi link yang tercantum di TAUTAN INI. Di dalamnya terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta vaksinasi.

2. Waktu vaksinasi COVID-19

- Undangan vaksinasi akan dikirim ke peserta via WhatsApp atau SMS yang berisi barcode dan jadwal vaksinasi. Para peserta dihimbau untuk mencetak hasil self assessment sebelum datang ke lokasi vaksinasi.

- Datang ke lokasi sesuai jadwal yang didapatkan.

- Ambil nomor antrean dan menunggu di ruang tunggu registrasi.

- Di meja registrasi, peserta bisa menscan barcode yang ada pada self assessment. Jika belum, peserta bisa mencetak self assessment di tempat.

- Dari self assessment tersebut, peserta akan ditentukan bisa mendapatkan vaksin, ditunda selama 10 menit, atau tidak bisa mendapat vaksinasi.

- Jika lanjut divaksin, vaksin COVID-19 akan diberikan oleh dokter di meja assessment.

- Observasi efek vaksin 30 menit dan mendapat E-Certificate vaksin tahap pertama.

Namun, jika setelah 30 menit peserta merasakan ada keluhan, akan langsung dibawa ke mini ICU yang ada di lokasi vaksinasi.



Simak Video "Kendala Vaksinasi Lansia: Banyak yang Tidak Sadar Tensinya Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)