Jumat, 12 Mar 2021 06:57 WIB

Sederet Khasiat Ngopi di Pagi Hari, Diyakini Bisa Bikin Panjang Umur

Yuviniar Ekawati - detikHealth
young chinese woman sitting next to windows in cafe. Ilustrasi kopi (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Kopi merupakan minuman sehari-hari yang dapat ditemukan hampir di seluruh dunia. Orang-orang dari berbagai belahan dunia memiliki waktu ternikmat sendiri untuk meminum segelas kopi.

Di Indonesia, beberapa orang gemar meminumnya di pagi hari sebagai penambah energi untuk dapat menjalani aktivitas harian. Apakah Anda juga termasuk orang yang gemar meminum kopi di pagi hari?

Nyatanya minum kopi di pagi hari memang dapat meningkatkan energi yang dapat menunjang produktivitas.

Dikutip dari Healthline, waktu yang terbaik untuk menenggak segelas kopi adalah saat pertengahan pagi antara pukul 9:30 dan 11:30, jika Anda bangun pada 6:30.

Pada saat itu kadar kortisol ada di level yang rendah sehingga tubuh akan mendapatkan kadar energi yang besar.

Selain manfaat di atas, berikut manfaat-manfaat lainnya yang bisa didapat dari mengonsumsi kopi dikutip dari berbagai sumber.

1. Tubuh dapat memproses gula lebih baik

Orang yang rutin meminum kopi berdasarkan penelitian cenderung lebih kecil risiko terkena diabetes tipe 2.

Ini diperkuat dari studi yang menunjukkan adanya penurunan setinggi 67 persenkadar gula dalam darah bagi orang yang rutin mengonsumsi kopi dikutip dari Healthline.

2. Melindungi diri dari Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan penyebab umum terjadinya demensia di seluruh dunia. Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang sering menyerang orang yang berusia di atas 65 tahun.

Penelitian mengenai konsumsi kafein menunjukkan, peminum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer dementia 65 persen lebih rendah, dikutip dari Healthline.

3. Panjang umur

Dikutip dari John Hopkins, studi terbaru menunjukkan peminum kopi dapat hidup lebih lama karena kopi dapat menghindari berbagai macam penyakit penyumbang kematian terbesar.

Berdasarkan data penyebab kematian utama bagi perempuan adalah penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, dan penyakit ginjal.

Data-data yang dihimpun Johns Hopkins Medicine menunjukkan minum kopi dipercaya dapat menghindari penyakit-penyakit tersebut.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)