Kamis, 11 Mar 2021 06:55 WIB

Tak Perlu Diet Ekstrem, Ini 3 Rahasia Pangkas Berat Badan dari Ade Rai

Ardela Nabila - detikHealth
Binaragawan Ade Rai. Ade Rai (Foto: Frieda Isyana Putri)
Jakarta -

Setiap orang tentunya menginginkan berat badan ideal. Bahkan, tak sedikit orang yang mencapai tujuan untuk memiliki berat badan ideal dengan melakukan diet ekstrem yang justru malah berbahaya bagi kesehatannya.

Apa lagi, di masa pandemi seperti saat ini di mana banyak orang menghabiskan waktunya di rumah, sehingga mereka sering kali kurang bergerak, tetapi tetap mengonsumsi makanan dalam jumlah besar. Akibatnya, berat badan menjadi tidak lagi terjaga.

Menurut binaragawan sekaligus praktisi kebugaran, Ade Rai, salah satu tantangan yang dihadapi seseorang untuk menerapkan hidup sehat dan mengatur pola makannya atau diet adalah pemahamannya mengenai hal tersebut.

"Sebenarnya yang jadi tantangan adalah pemahaman (tentang diet), ya. Apa lagi di musim pandemi selama setahun ini, hampir mayoritas berat badannya naik ya, bukan turun. Artinya, mayoritas larinya ke makanan," kata Ade Rai dalam program e-Life, Jumat (5/3/2021).

Lebih lanjut, Ade Rai membagikan tips mudah untuk memangkas berat badan sekaligus menjaga kesehatan tubuh, yaitu:

1. Mengatur pola makan

Disebutkan oleh Ade Rai, salah satu cara utama untuk terus menjaga kesehatan tubuh melalui diet adalah dengan mengatur pola makan. Menurutnya, dengan membagi jadwal makan, maka hal ini dapat membantu seseorang mengontrol pola makannya agar tidak makan berlebihan.

"Cara yang mudah dan gampang adalah dengan mencoba mengatur jendela makan kita, kalau bisa jangan terlalu banyak. Jadi, kita bernegosiasi dengan diri kita sendiri dengan 50:50, 12:12. Artinya, misalnya terakhir makan jam 9 malam, berarti nanti paling cepat makan lagi jam 9 pagi," ujarnya.

Ade Rai juga mengatakan bahwa dengan membagi jadwal makan, maka tubuh dapat dibiasakan untuk memanfaatkan lemak sebagai sumber energi, sehingga tubuh tidak lagi bergantung pada gula.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menyoal Aneka Diet yang Populer di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]