Selasa, 09 Mar 2021 06:20 WIB

Saran Ade Rai Bagi yang Ingin Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Vidya Pinandhita - detikHealth
Ade Rai di event goifex. Ade Rai bicara tentang diet sehat (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Sebelum viral buku diet kontroversial dari seorang selebritis, beragam tips menurunkan berat badan tanpa olahraga sebenarnya sudah lama bertebaran. Diakui, hal ini memang tidak mustahil.

Binaragawan yang juga praktisi kebugaran, Ade Rai, mengakui memang ada orang yang sukses menurunkan berat badan tanpa olahraga. Namun tidak ada jaminan pasti berhasil lantaran tak bisa dipungkiri, olahraga tetap perlu dilakukan jika ingin menurunkan berat badan secara optimal.

"Analoginya, bagaimana kita melumpuhkan lawan? Bisa dengan tangan, bisa dengan kaki. Kalau saya hanya dengan tangan ternyata lawan bisa lumpuh, ya kita bersyukur saja," ujarnya dalam bincang-bincang dengan detikcom dalam program E-life, Jumat (5/3/2021).

Menurutnya, kasus sukses turun berat badan tanpa olahraga biasa terjadi pada orang-orang yang sebelum menjalani diet, pola makannya amat tidak terkendali. Walhasil meski tanpa olahraga, perubahan sesederhana menjaga pola makan pun bisa membawa perubahan baik bagi tubuh, meskipun kecil.

Akan tetapi ia menekankan, olahraga tetap perlu dilakukan jika menginginkan penurunan berat badan secara optimal.

Meski ada orang-orang yang sukses menurunkan berat badan tanpa olahraga, tak berarti diet tanpa olahraga cocok diterapkan oleh semua orang. Pasalnya, menurunkan berat badan bukanlah hal simpel.

Lebih dari sekedar 'ingin kurus', diet untuk menurunkan berat badan memerlukan komitmen dan gaya hidup yang intinya, mengatur jumlah makanan masuk dan keluar lewat energi.

"Dibanding dulu nggak pernah diatur makannya. Bukan berarti kita lompat ke konklusi ternyata tanpa olahraga bisa mendapatkan hasil, ya mungkin. Tidak sesederhana itu," pungkas Ade Rai.

Ingat juga, manfaat olahraga bukan semata-mata untuk menurunkan berat badan. Menjaga fungsi metabolisme dan sistem kardiovaskular juga butuh olahraga secara teratur dan terukur, tidak bisa hanya dengan mengurangi makan.



Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)