ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Mar 2021 13:09 WIB

Tak Seperti RI, Thailand Tunda Vaksinasi AstraZeneca Terkait Isu Keamanan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin Corona AstraZeneca sudah tiba di Indonesia, berikut sejumlah negara yang sudah memakainya. Vaksin AstraZeneca. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Thailand menunda penggunaan vaksin COVID-19 dari AstraZeneca yang dijadwalkan akan dimulai pada Jumat (12/3/2021) dengan alasan masalah keamanan setelah laporan pembekuan darah terjadi pada beberapa orang yang menerima vaksin di Eropa.

Thailand adalah negara pertama di Asia yang menangguhkan penggunaan vaksin COVID-19 AstraZeneca. Beberapa negara seperti Kanada, Australia, Filipina, Korea Selatan dan Indonesia mengatakan tetap akan melanjutkan vaksinasi COVID-19 dengan vaksin AstraZeneca.

Dalam konferensi pers kementerian kesehatan, Prasit Watanapa, Dekan Fakultas Kedokteran di Rumah Sakit Siriraj, mengonfirmasi vaksinasi akan ditunda setelah penangguhan inokulasi menggunakan AstraZeneca terjadi di Denmark, Norwegia, dan Islandia.

"AstraZeneca masih merupakan vaksin yang bagus tetapi dengan apa yang telah terjadi ... kementerian kesehatan berdasarkan nasihat ini ingin menunda penggunaan vaksin AstraZeneca untuk sementara," kata Kiattiphum Wongjit, sekretaris Kementerian Kesehatan, dikutip dari Reuters.

Sementara itu pihak AstraZeneca mengatakan pada Kamis (11/3/2021) bahwa mereka tidak menemukan bukti peningkatan risiko emboli paru atau trombosis vena yang ditandai dengan pembentukan gumpalan darah, dalam data keamanan bahkan ketika mempertimbangkan subkelompok berdasarkan usia, jenis kelamin, produksi batch atau negara penggunaan.



Simak Video "Indra Rudiansyah Kiprah Global Iluwan RI Pejuang Vaksin COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT