Jumat, 12 Mar 2021 14:59 WIB

Kemenkes Ungkap Hasil Tracing 6 Kasus Corona B117 di Indonesia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
B.1.1.7, Mutation, Coronavirus, England, B117 Kemenkes ungkap hasil tes tracing 6 kasus Corona B117. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Malik Evren)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan mengungkap hasil tracing 6 kasus Corona B117 di Indonesia. Menurut juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi, semua kontak erat dinyatakan negatif COVID-19.

"Saat ini semuanya sudah sembuh dan kasus kontak yang dengan 6 kasus ini kita sudah mengambil semua sampelnya dan sudah dilakukan pemeriksaan juga dan semua negatif," sebut dr Nadia dalam konferensi pers BNPB Jumat (12/3/2021).

"Sudah ditanyakan apakah sebelumnya menderita sakit, ternyata tidak ada yang positif sebelumnya," bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof Amin Subandrio menyebut Corona B117 yang merebak di Indonesia dikhawatirkan bisa mengganggu sensitivitas tes Corona seperti PCR.

"Karena ada perubahan di dalam gennya maka dikhawatirkan diagnostik molekuler PCR itu juga akan terganggu, dengan PCR tidak akan terdeteksi jadi negatif," beber Prof Amin sembari menegaskan penularan Corona B117 lebih tinggi, 40 sampai 70 persen.

Meski begitu, Prof Amin menyebut kapasitas genom surveilans akan terus ditingkatkan, targetnya 10 ribu virus di tahun ini. Sementara dr Nadia memastikan pengetatan pintu masuk Indonesia untuk mencegah masuknya varian Corona B117 maupun varian lainnya.

Mulai dari wajib membawa surat negatif COVID-19, melalui karantina selama lima hari, hingga kembali dites PCR sebelum bisa keluar dari bandara. dr Nadia menyebut hal ini sebagai bentuk kewaspadaan saat varian Corona B117 ada di lebih dari 70 negara.



Simak Video "Tips Melindungi Diri dari Virus Corona B117"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)