Sabtu, 13 Mar 2021 06:20 WIB

Sudah Ada 6 Kasus Corona B117 di RI, Ini Strategi Kemenkes Agar Tak Meluas

Ayunda Septiani - detikHealth
United Kingdom, British flag on the COVID-19, coronavirus, virus one side is dark, one side is bright Varian Inggris Corona B117 (Foto: Getty Images/iStockphoto/s-cphoto)
Jakarta -

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML), Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menyebutkan beberapa cara untuk menekan penyebaran varian baru virus Corona B117 di Indonesia.

Nadia menjelaskan, salah satu caranya adalah pengawasan di pintu-pintu masuk baik itu di bandara ataupun lewat laut.

"Karena ini juga kita tahu banyak juga kapal-kapal dari luar negeri, yang masuk dan harus dilakukan monitoring," terang Nadia dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Jumat (12/3/2021).

Selian itu, Nadia menyebut, Satgas sudah mengeluarkan aturan bagi pelaku perjalanan setelah Inggris mengumumkan adanya varian baru virus Corona B117 yang tertuang dalam SE Satgas No.7 tahun 2020.

Kemudian, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan ulang polymerase chain reaction (PCR). Saat melakukan pemeriksaan PCR dan hasilnya positif, maka sampelnya sebagian akan diteruskan ke pemeriksaan whole genome sequencing (WGS).

Dijelaskan Nadia, hal ini dilakukan diberbagai pintu masuk guna untuk memonitor. Kalau kemudian ada yang positif, mereka akan dirujuk ke tempat isolasi yang terpusat seperti RSD Wisma Atlet, atau Wisma Atlet Pademangan.

Mekanisme ini sebenarnya merupakan upaya untuk mencegah dan membatasi masuknya virus mutan ini.



Simak Video "Apa Arti Kode B117 pada Varian Corona Inggris yang Masuk ke RI?"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)