Minggu, 14 Mar 2021 14:11 WIB

Virus Baru 95 Persen Identik SARS-CoV-2 Ditemukan, Ancaman 'Disease X'?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Blood cells, molecule of DNA forming inside the test tube. 3D illustration, conceptual image of science and technology. Ilmuwan menemukan RpYN06 yang 95 persen identik dengan virus penyebab COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage)
Jakarta -

Para ilmuwan China mengidentifikasi sejumlah genome virus baru pada kelelawar. Di antaranya adalah RpYN06 yang disebut 94,5 persen identik dengan SARS-CoV-2, virus Corona penyebab COVID-19.

Temuan ini dilaporkan dalam jurnal pre-print biorxiv.org, oleh para peneliti dari Shandong First Medical University dan Shandong Academy of Medical Sciences, China.

Para peneliti menyebut, RpYN06 ini merupakan kerabat paling dekat dengan virus Corona COVID-19. Namun sejauh ini, tidak ditemukan virus pada kelelawar yang memiliki spike protein sama persis dengan SARS-CoV-2.

Dalam laporannya, para peneliti mengamati 411 sampel yang dikumpulkan dari 23 spesies kelelawar di provinsi Yunnan antara 2019 hingga 2020. Dari 24 genome yang didapatkan, 4 di antaranya berkerabat dengan SARS-CoV-2 dan 3 berkerabat dengan SARS-CoV.

Kelelawar selama ini dikenal sebagai host atau inang bagi berbagai virus yang bisa memicu penyakit pada manusia. Para ilmuwan juga memprediksi kemunculan penyakit baru dari hewan yang mereka sebut 'Disease-X'.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)