Rabu, 17 Mar 2021 06:25 WIB

Ciri-ciri Hamil Anak Kembar, Kelelahan hingga Mual Berlebihan

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Woman holds four small baby shoes on her stomach. She is expecting twins. Ilustrasi hamil kembar (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat hamil, beberapa ibu dapat mengalami berbagai gejala dengan intensitas yang lebih kuat, juga mengalami mual dan kelelahan yang berlebihan. Hal itu dapat membuat ibu bertanya-tanya apakah kondisi tersebut memiliki arti bahwa ibu sedang hamil anak kembar.

Sebenarnya satu-satunya cara untuk mengetahui kondisi kandungan secara pasti adalah dengan melakukan USG.

Tetapi, dikutip dari Haibunda, beberapa gejala bisa jadi menunjukkan sesuatu yang berbeda dengan kehamilan tersebut. Dikutip dari Healthline, berikut ciri-ciri jika ibu sedang hamil bayi kembar.

1. Morning sickness

Morning sickness sebenarnya adalah termasuk ke dalam gejala kehamilan yang umum. Kondisi mual-mual ini biasanya terjadi di awal-awal kehamilan, khususnya pada minggu ke-4 atau baru disadari saat ibu telah melewatkan satu periode haid.

Hal tersebut terjadi karena adanya peningkatan hormon kehamilan, human chorionic gonadotropin (hCG) yang menyebabkan rasa mual pada ibu hamil.

Kondisi ini biasa disebut dengan morning sickness yang bisanya muncul di pagi hari. Tetapi, bisa saja rasa mual itu muncul di waktu yang tidak terduga.

Beberapa orang yang sedang hamil anak kembar, mengaku merasakan mual-mual yang lebih berat. Mual ini pun dirasa lebih lama durasinya dibandingkan kehamilan yang bukan anak kembar.

Walau pengalaman hamil pada tiap ibu berbeda-beda kondisinya, tetapi saat ibu hamil mengalami mual dan muntah setelah kehamilan berjalan selama 14 minggu, hal itu bisa menjadi pertanda bahwa ibu sedang mengandung bayi kembar.

2. Kelelahan

Kelelahan juga merupakan ciri paling umum yang dirasakan oleh banyak ibu hamil. Tetapi pada kehamilan bayi kembar, ibu hamil akan merasakan lelah yang lebih berat dibandingkan kehamilan yang bukan anak kembar atau janin tunggal.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Mengapa Ibu Hamil di Indonesia Belum Bisa Vaksinasi COVID-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)