Rabu, 17 Mar 2021 14:30 WIB

Nunggu Jadwal Puskesmas Kelamaan, Para Lansia Pilih Ikut Vaksinasi Massal

Vidya Pinandhita - detikHealth
Sentra Vaksinasi Bersama di Istora Senayan Layanan vaksinasi untuk lansia di Istora Senayan (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)
Jakarta -

Jalur vaksinasi massal belakangan ini banyak jadi pilihan bagi para lansia yang tak ingin kelamaan menunggu giliran. Beberapa lansia mengaku sudah mendaftar di Puskesmas, tetapi tak kunjung ada kepastian kapan mendapat vaksinasi COVID-19.

Salah satunya, dialami Dendi dan ibunya. Beberapa waktu lalu, Dendi sempat mendaftarkan ibunya untuk vaksinasi di puskesmas kawasan tempat tinggalnya, Ciledug, Tangerang.

Sempat menunggu beberapa hari, ibunda dari Dendi akhirnya baru memperoleh notifikasi kemarin. Namun, ia baru dijadwalkan dapat vaksin pada April 2021.

"Ada respons, tapi dapatnya lama banget. Jadi langsung saja ke sini. Masih sebulan lagi (suntik vaksin). Daftarnya sudah dari kemarin-kemarin minggu awal," ujar Dendi pada detikcom, Rabu (17/3/2021).

Tak mau berlama-lama menunggu, Dendi mencari informasi jalur yang lebih cepat. Bermodal informasi yang terbatas, Dendi mendampingi ibunya yang tergolong lansia ke Istora Senayan hari ini. Berharap bisa ikut divaksin.

Dendi mengaku, sempat dapat info soal Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Istora Senayan ini dari teman ibunya. Menurut info beredar, vaksinasi di Istora Senayan ini terbuka untuk lansia berusia 59 tahun ke atas dari wilayah DKI Jakarta mau pun luar, hanya dengan syarat membawa KTP.

Sentra Vaksinasi Bersama di Istora SenayanKegiatan vaksinasi COVID-19 untuk lansia. Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth

Awalnya, vaksinasi ini disebut-sebut hanya diperuntukkan lansia pemegang KTP DKI Jakarta. Kini, lansia dari luar DKI yang datang 'go show' pun turut dilayani.

Akan tetapi, lansia asal luar DKI Jakarta dan Jabodetabek yang ingin divaksin wajib membawa surat keterangan domisili dari ketua RT.

Lansia yang datang 'go show' tanpa surat tak diperbolehkan mengisi formulir dan mengambil nomor antrean untuk disuntik vaksin.

Seorang lansia asal Medan terpaksa pulang tanpa disuntik. Ia mengaku, sudah 1 bulan menunggu di Jakarta, berharap dapat giliran suntik vaksin.

Namun lantaran tak berbekal surat dari RT, niatnya divaksin terpaksa diurungkan.

"Nggak tahu harus bawa surat dari RT. Sekarang sudah jauh, ya susah. Mau ngehubungin RT juga nggak bisa. Sudah sebulan ini nggak pulang," ujarnya.

Simak video 'Vaksinasi di Istora Sudah Dibuka untuk Lansia Luar DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/up)