Rabu, 17 Mar 2021 16:10 WIB

Kabar Baik! Vaksinasi COVID-19 pada Bumil Juga Berikan Antibodi untuk Bayi

Ayunda Septiani - detikHealth
Pregnant woman standing by the big window with face medical mask on. Worries about child birth during pandemic. Foto: Getty Images/iStockphoto/Lordn
Jakarta -

Menurut sebuah studi baru di Israel, wanita hamil yang menerima vaksin COVID-19 dapat memberikan perlindungan kepada bayinya.

Studi yang dilakukan pada Februari lalu menunjukkan antibodi terdeteksi di 20 wanita yang diberikan dosis vaksin Corona Pfizer-BioNTech selama trimester ketiga kehamilan. Antibodi juga terdeteksi pada bayi yang baru lahir, melalui plasenta.

"Temuan kami menyoroti bahwa vaksinasi perempuan hamil dapat memberikan perlindungan ibu dan bayi dari infeksi SARS-CoV-2," kata penelitian tersebut dikutip dari laman Reuters.

Temuan para peneliti dari Hadassah Medical Center Yerusalem itu dibagikan di medRxiv, namun belum ditinjau sejawat dan studi dilakukan pada skala kecil.

Salah satu peneliti lain, Dana Wolf, yang dikutip oleh Jerusalem Post mengatakan peneliti sekarang akan mulai melihat berapa lama antibodi yang dipicu oleh vaksinasi bertahan pada bayi.

Pfizer dan BioNTech bulan lalu mengatakan mereka telah memulai studi internasional melibatkan 4.000 relawan untuk mengevaluasi keamanan dan efektivitas vaksin COVID-19 pada wanita hamil yang sehat.

Uji coba juga akan menilai apakah ibu hamil yang divaksinasi bisa mentransfer antibodi ke bayi mereka.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengukur efek vaksinasi pada berbagai tahap kehamilan, dan keamanan serta kemanjuran berbagai vaksin yang sekarang tersedia.



Simak Video "Hasil Uji Coba Akhir Vaksin CureVac Kurang Ampuh Lawan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/fds)