Kamis, 18 Mar 2021 07:34 WIB

Vaksinasi Lansia di Istora Senayan Bisa Go-Show Nggak Sih? Ini Faktanya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Sentra Vaksinasi Bersama di Istora Senayan Sentra Vaksinasi untuk lansia di Istora Senayan (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)
Jakarta -

Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Istora Senayan kini memfasilitasi vaksinasi untuk lansia dengan KTP luar DKI Jakarta. Walhasil, lansia dari beragam daerah berbondong-bondong datang dadakan, bahkan ada yang 'go show' alias tidak mendaftar online terlebih dahulu.

Bisa-bisa saja sih, tapi pastikan syaratnya lengkap. Beberapa lansia asal luar Jabodetabek batal divaksin bukan karena kondisi kesehatan, melainkan karena tak berbekal surat keterangan domisili dari ketua RT.

"Kalau dari luar Jabodetabek, harus pakai surat keterangan domisili dari RT-RW. Kalau Jabodetabek, bawa KTP saja," terang petugas Sentra Vaksinasi, Khonifah, kepada detikcom, Rabu (17/3/2021).

Ia menjelaskan, terdapat dua jalur masuk di Sentra Vaksinasi. Pertama, adalah pintu untuk para lansia yang telah mendaftar di loket.com. Jika sudah memiliki barcode, mereka tinggal masuk untuk pendataan, kemudian langsung mengantre suntik vaksin.

Kedua, jalur untuk pendaftar on the spot. Jika tidak memiliki barcode dari pendaftaran, lansia diminta mengantre untuk mengambil nomor antrean dan formulir pendaftaran.

Lansia yang datang go show 'terlambat' juga berisiko batal divaksinasi karena kehabisan dosis.

Dalam satu hari, hanya tersedia 4.000 dosis suntikan vaksin. Jika pendaftar sudah mencapai batas, pendatang go show lainnya terpaksa dipulangkan.

"Nanti tutup, batas maksimal 4.000 (pendaftar). Kemarin sih tutup jam 2 siang," imbuh Khonifah.



Simak Video "Kemenkes Pastikan Efikasi Sinovac di Indonesia Penuhi Standar"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)