Kamis, 18 Mar 2021 06:03 WIB

Oma-Opa Lansia Luar DKI Ingin Vaksin di Istora? Ini Tipsnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Para lansia mengantre di Sentra Vaksinasi Bersama Vaksinasi di Istora Senayan (Foto: detikHealth)
Jakarta -

Sentra Vaksinasi di Istora Senayan diperuntukkan lansia berusia 59 tahun ke atas. Awalnya, vaksin hanya boleh diterima oleh lansia pemegang KTP Jakarta. Kini, lansia asal daerah mana pun boleh ikut disuntik vaksin.

Akan tetapi, sejumlah lansia terpaksa dipulangkan lantaran tak memenuhi persyaratan. Bukan karena kondisi kesehatan, melainkan karena ada berkas 'ketinggalan'.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan dan disiapkan agar tak batal disuntik vaksin di Sentra Vaksinasi Istora?

1. Domisili lansia di KTP

Jika lansia berasal dari DKI Jakarta atau Jabodetabek, lansia cukup menyiapkan KTP.

Jika lansia berasal dari daerah luar Jabodetabek, KTP saja tak cukup. Lansia perlu menyiapkan surat keterangan domisili dari pihak RT atau RW.

2. Daftar online atau on the spot?

Agar lebih praktis, lansia bisa mendaftar vakinasi secara online di situs loket.com. Nantinya, lansia akan mendapat barcode dalam bentuk print out.

Setibanya di lokasi, lansia hanya perlu men-scan barcode, kemudian bisa mengantre untuk menerima vaksin.

Namun jika ingin OTS, lansia bisa langsung datang ke lokasi. Nantinya, lansia akan diharuskan mengantre untuk mendapat nomor antrean dan formulir. Kemudian, lansia baru bisa ikut mengantre untuk suntik vaksin.

Pilihan di tangan Anda. Ingin jalur cepat atau OTS? Tentunya, pastikan KTP dan surat keterangan domisili (bagi lansia asal luar Jabodetabek) tidak tertinggal!

Sentra Vaksinasi Bersama di Istora SenayanSentra Vaksinasi Bersama di Istora Senayan Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth

3. Sebaiknya datang jam berapa?

Sedini mungkin. Sebab, jumlah dosis vaksin terbatas hanya 4000 dalam sehari. Jika lansia baru hadir dan mendaftar setelah pendaftar yang ada mencapai batas dosis tersedia, lansia terpaksa batal disuntik vaksin.

Normatifnya, vaksinasi di Sentra Vaksinasi berlangsung pukul 08.00 - 16.00. Namun, waktu pendaftaran menyesuaikan ketersediaan vaksin dalam 1 hari.

"Itu (waktu) nggak nentu. Kalau jam 2 sudah melebihi jatah vaksin yang ada, ditutup antreannya," ujar petugas pada detikcom, Rabu (17/3/2021).

4. Boleh bawa pendamping?

Lansia boleh didampingi keluarga hingga meja penyuntikan. Namun, hanya boleh didampingi oleh 1 orang.

"Saya nemenin mama mertua bareng suami, tapi hanya suami saya yang boleh ikut masuk. Nanti dikasih sticker hijau, tempel di baju. Itu artinya boleh masuk," ujar Debora di lokasi antre formulir.



Simak Video "Kemenkes Pastikan Efikasi Sinovac di Indonesia Penuhi Standar"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)