Jumat, 19 Mar 2021 08:12 WIB

Deretan Negara Eropa yang Lanjutkan Lagi Vaksin AstraZeneca

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
AstraZeneca Klaim Vaksinnya Aman, Irlandia Pilih Hentikan Sementara Vaksinasi Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: ABC Australia)
Jakarta -

Otoritas pengawas obat di Uni Eropa menyatakan belum lama ini menyatakan bahwa vaksin COVID-19 AstraZeneca membawa manfaat yang lebih besar daripada risikonya.

Kesimpulan ini diambil oleh European Medicines Agency (EMA) setelah penyelidikan terhadap 30 kasus pembekuan darah setelah vaksinasi yang tidak biasa. Meski demikian, pihaknya mengataknakan keterkaitan vaksin dan pembekuan darah tidak bisa dikesampingkan.

"Ini adalah vaksin yang aman dan efektif. Jika itu saya, saya akan divaksinasi besok," kata direktur EMA Emer Cooke dalam sebuah pengarahan.

Selang beberapa jam setelah pengumuman tersebut, negara-negara Eropa mulai menghentikan penangguhan dan akan melanjutkan penggunaan vaksin AstraZeneca. Berikut 4 di antaranya.

1. Jerman

Menteri Kesehatan Jerman mengatakan akan melanjutkan pemberian vaksin AstraZeneca mulai Jumat. Prancis juga mengatakan akan melanjutkan penggunaan vaksin AstraZeneca, dengan Perdana Menteri Jean Castex yang akan menerima suntikan itu sendiri pada Jumat sore.

2. Italia

Sementara itu, Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengatakan Italia akan melakukan hal yang sama, dan prioritas pemerintahnya tetap untuk memvaksinasi sebanyak mungkin orang secepat mungkin.

3. Spanyol

Otoritas Spanyol mengatakan sedang mengevaluasi kemungkinan dimulainya kembali penggunaan vaksin AstraZeneca, sementara Siprus, Latvia dan Lithuania mengatakan mereka akan memulai kembali pemberian vaksin.

4. Belanda

Menteri Kesehatan Belanda juga mengatakan negara tersebut akan melanjutkan penggunaan vaksin COVID-19 AstraZeneca minggu depan.



Simak Video "358.700 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Prancis Mendarat di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)