Jumat, 19 Mar 2021 09:00 WIB

DKI-Jabar Nihil, Ini Daftar Terbaru 12 Zona Merah COVID-19 di Indonesia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Mural terkait pencegahan virus Corona menghiasi kawasan Sunter Jaya. Murl itu diketahui dibuat untuk mengajak warga mematuhi protokol kesehatan. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 secara berkala memperbarui perkembangan peta zona risiko penularan COVID-19 di Indonesia. Zona risiko tinggi atau zona merah di Indonesia mengalami penurunan yang cukup tinggi di pekan ini.

Dalam data yang dihimpun Kementerian Kesehatan, total kasus COVID-19 di Indonesia per Kamis sore, 18 Maret 2021 mencapai 1.443.853 orang. Sebanyak 1.272.958 di antaranya sembuh dan 39.142 lainnya meninggal dunia.

Jika sebelumnya DKI Jakarta dan Jawa Barat menjadi provinsi 'langganan' zona merah, kini tak ada satupun di wilayah tersebut yang terdampak. Meski demikian, per Kamis, wilayah DKI dan Jabar masih menjadi provinsi yang mencatatkan kasus Corona tertinggi yakni 1.719 kasus di DKI dan 1.261 di Jabar.

Pengkodean atau pemberian warna zona di berbagai wilayah ini dimaksudkan untuk mengelompokkan daerah yang terkena dampak pandemi Corona. Meski hanya sebagai simbol, warna zona ini juga berguna sebagai pengkodean khusus untuk menentukan jumlah kasus infeksi di berbagai wilayah.

Berikut ini data zona merah per 19 Maret 2021:

Nusa Tenggara Timur
- Kupang
- Kota Kupang

Jawa Tengah
- Cilacap
- Banyumas
- Wonosobo
- Wonogiri
- Rembang
- Kota Surakarta

DI Yogyakarta
- Bantul

Bali
- Tabanan
- Badung
- Kota Denpasar



Simak Video "Daftar 10 Wilayah Zona Merah Corona di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)