Jumat, 19 Mar 2021 10:02 WIB

Joroknya! Orang Indonesia Makin Jarang Gosok Gigi Selama Pandemi COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Close up of toothbrushes in holder Kebiasaan sikat gigi menurun di masa pandemi. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang harus memulai kebiasaan baru yang lebih sehat. Untuk mencegah penularan Corona, banyak masyarakat yang mulai lebih aktif berolahraga dan mengurangi kebiasaan tak sehat.

Hanya saja, dampak pandemi COVID-19 juga tercermin pada kebiasaan merawat gigi. Survei yang dilakukan oleh Unilever Indonesia terhadap 1.000 responden berusia 18 tahun ke atas menemukan telah banyak dari mereka yang memulai hidup sehat.

Hanya saja, dari hasil survei tersebut juga terlihat 2 dari 5 orang dewasa mengaku tidak menyikat gigi seharian, dan ada 7 dari 10 orang menghindari pergi ke dokter gigi.

"Kebiasaan menjaga kesehatan tersebut tidak tercermin pada kebiasaan menyikat gigi, sebagian besar orang mengaku telah mengabaikan kebiasaan menyikat gigi. 9 persen orang tua tidak menyikat gigi dua kali sehari kemudian 11 persen anak-anak tidak menyikat gigi dua kali sehari," ungkap Head of Sustainable Living Beauty and Personal Care and Home Care, Unilever Indonesia Foundation drg Ratu Mirah Afifah, GCClindent, MDSc, dikutip dari laman Sehat Negeriku, Kemenkes, Jumat (19/3/2021).

drg Ratu mengatakan kebiasaan buruk tersebut mudah ditiru oleh anak-anak. Apabila orang tua tidak menyikat gigi dua kali sehari, anak-anak 7 kali lebih memungkinkan untuk tidak menyikat gigi.

Dalam survei tersebut juga terlihat bahwa selama pandemi COVID-19, orang dua kali lebih sering mencuci tangan (64 persen) dibandingkan menyikat gigi (31 persen). Di samping itu, sejak pandemi COVID-19 orang dua kali lebih sering menggunakan hand sanitizer (52 persen) dibandingkan menggunakan obat kumur (20 persen).

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga penting di masa pandemi COVID-19. Dengan kondisi gigi dan mulut yang sehat, Anda tidak perlu pergi ke dokter sehingga bisa terhindar dari risiko terpapar virus COVID-19.

Terdapat lima masalah gigi dan mulut yang sering dialami selama pandemi antara lain mulut kering, bau mulut, gusi dan gigi berdarah saat menyikat gigi atau saat menggunakan benang gigi, kemudian nyeri pada gigi gusi atau mulut, dan adanya lubang pada gigi yang baru terbentuk



Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)