Jumat, 19 Mar 2021 20:00 WIB

Menkes Siapkan Prokes Baru, Sertifikat Vaksin Bisa untuk Nonton Konser

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kemenkes mencatat 132.004 orang tenaga kesehatan di Indonesia sudah disuntik virus Corona. Angka itu adalah 22 persen dari total 598.483 Nakes yang akan divaksin. Sertifikat vaksinasi COVID-19 bakal jadi syarat untuk berkegiatan (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut nantinya sertifikat vaksinasi COVID-19 akan menjadi salah satu syarat untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan pertemuan. Sertifikat vaksinasi seperti ini juga ada dalam aturan yang telah dibuat oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

"CDC sudah mulai melonggarkan secara terstruktur dan sistematis untuk protokol-protokol kesehatan, kegiatan-kegiatan tertentu, misalnya, acara keagamaan, pertemuan keluarga, makan bersama," kata Budi dalam keterangan live konferensi pers melalui kanal YouTube Perekonomian RI, Jumat (19/3/2021).

"CDC sudah mengeluarkan guideline yang cukup lengkap, transportasi, acara konser, yang berbasis sertifikat vaksinasi," lanjutnya.

Namun, kata Budi, kebijakan ini baru bisa diterapkan ketika mayoritas masyarakat Indonesia sudah mendapatkan vaksin Corona. Budi pun mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan protokol-protokol kesehatan yang baru.

"Nanti begitu jumlahnya sudah cukup banyak, kita sudah mulai mempersiapkan protokol-protokol kesehatan yang baru untuk masing-masing aktivitas ini, jadi gunanya untuk ke sana," jelasnya.

"Jadi sertifikat vaksinasi ini akan digunakan sebagai salah satu instrumen dalam implementasi protokol kesehatan yang baru untuk setiap aktivitas," tuturnya.



Simak Video "Sertifikat Vaksin Covid-19 di PeduliLindungi Eror? Coba Lakukan Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)