Minggu, 21 Mar 2021 11:30 WIB

Bisa Prediksi RI Negara Paling Bahagia di Dunia Nomor Berapa? Ini Daftarnya

Ardela Nabila - detikHealth
Young Woman Sits in the Back of a Convertible, Her Arms in the Air, Laughing With Joy Foto: Thinkstock
Jakarta -

Berdasarkan laporan tahunan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), yakni The World Happiness Report, Finlandia kembali dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia. Tahun ini merupakan tahun ke-4 Finlandia mendapatkan penghargaan tersebut.

The World Happiness Report menempatkan Denmark pada posisi kedua, kemudian diikuti oleh Swiss, Islandia, dan Belanda. Lagi, Selandia Baru menjadi negara non-Eropa satu-satunya yang masuk daftar 10 besar. Sementara itu, Inggris jatuh dari posisi 13 ke 17.

Data yang didapat dari peneliti analitik Gallup itu meminta orang-orang di 149 negara untuk menilai kebahagiannya. Penilaian tersebut meliputi dukungan sosial, kebebasan pribadi, produk domestik bruto (PDB), dan tingkat korupsi di masing-masing negara.

Di sisi lain, negara yang masuk ke dalam daftar negara paling tidak bahagia adalah Afganistan, diikuti oleh Lesotho, Bostwana, Rwanda, dan Zimbabwe.

RI peringkat 82

Menurut laporan, terdapat frekuensi lebih tinggi terhadap emosi negatif pada lebih dari sepertiga negara, yang disebabkan oleh pandemi. Namun, 22 negara justru merasa sebaliknya. Sejumlah negara Asia mengalami peningkatan peringkat dari tahun lalu, beberapa di antaranya adalah China yang naik dari posisi 94 ke 84, dan Indonesia dari posisi 84 ke 82.

"Anehnya, secara rata-rata, tidak terdapat penurunan kesejahteraan saat pengukuran dilakukan dengan evaluasi yang ada," kata John Helliwell, salah satu penulis laporan tersebut, dikutip dari BBC.

"Salah satu penjelasan yang paling masuk akal adalah orang-orang melihat COVID-19 sebagai sesuatu yang biasa, bukan sebagai ancaman dari luar yang dapat mempengaruhinya. Sebaliknya, justru COVID-19 dapat membentuk rasa solidaritas," lanjutnya.

Finlandia berhasil kembali mendapatkan penghargaan tersebut karena hasil penilaiannya, di mana masyarakat dan pemerintah sama-sama bisa membangun rasa percaya serta kerja sama untuk melindungi nyawa satu sama lain di masa pandemi.

Berdasarkan laporan John Hopkins University, negara dengan jumlah penduduk 5,5 juta itu telah berhasil menangani pandemi dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, yakni dengan total kasus sebanyak 70.000 dan angka kematian 805.

Berikut daftar 10 negara paling bahagia di dunia menurut The World Happiness Report:

1. Finlandia
2. Denmark
3. Swiss
4. Islandia
5. Belanda
6. Norwegia
7. Swedia
8. Luksemburg
9. Selandia Baru
10. Austria



Simak Video "Ketua Satgas COVID-19: Patuh Prokes Wujud Nyata Bela Negara "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)