Senin, 22 Mar 2021 19:01 WIB

Kata Dokter Soal Dampak Corona pada Ibu Hamil Seperti yang Dialami Dinda Hauw

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Dinda Hauw dan Rey Mbayang ditemui seusai menjadi bintang tamu acara Rumpi No Secret, Trans TV, Jakarta Selatan, Kamis (03/12) Dinda Hauw dan Rey Mbayang. (Foto: Noel/detikcom)
Jakarta -

Pasangan selebriti Dinda Hauw dan Rey Mbayang positif Corona dengan berbagai gejala yang dirasakan. Kabar tersebut membuat kerabat dan keluarga keduanya khawatir, karena Dinda Hauw tengah hamil.

Saat seseorang yang hamil dan terinfeksi COVID-19 pastinya memiliki ketakutan terhadap anak yang ada di dalam kandungannya. Apakah anak tersebut bisa tertular atau tidak berpengaruh sama sekali.

Menanggapi hal ini, dokter kandungan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG mengatakan sejauh ini belum ada bukti, jika ibu dan bayi yang dikandungnya juga akan positif Corona.

"Sejauh ini memang belum ada bukti kalau COVID itu memang bisa melewati saluran darah plasenta. Jadi, belum tentu ibu yang menderita COVID, anaknya juga menderita COVID," kata dr Dinda pada detikcom, Senin (22/3/2021).

"Tapi, biasanya anak yang tertular saat dilahirkan itu biasanya kontak dari ibunya melalui pemberian ASI. Makanya, kalau ibunya positif, memberikan ASI-nya harus benar-benar diperhatikan protokol kesehatannya," imbuhnya.

Selain itu, dr Dinda juga mengatakan dampak yang disebabkan infeksi COVID-19 pada kandungan sama seperti infeksi lainnya. Dampak pada kandungannya bisa terjadi kontraksi hingga persalinan prematur.

Apakah ada obat-obatan khusus yang harus dikonsumsi ibu hamil yang positif COVID-19 untuk membantu proses penyembuhan?

dr Dinda menjelaskan, vitamin kehamilan yang biasanya diberikan oleh dokter kandungan biasanya sudah cukup membantu proses penyembuhan. Berbagai vitamin juga diberikan, dan pastinya tetap menjaga kesehatan.

"Obat-obatan khusus sebenarnya tidak ada. Sebenarnya, vitamin hamil yang sudah diberikan oleh dokternya sudah cukup kan. Ada vitamin D biasanya, ada zinc, ada kalsium, ada vitamin hamil yang mengandung zat besi, mikronutrien lainnya itu sudah cukup sih sebenarnya karena prinsipnya itu bisa sembuh sendiri," jelasnya.



Simak Video "Sudah Divaksinasi, Eks Menperin Saleh Husin Positif COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)