Kamis, 25 Mar 2021 11:16 WIB

Ayah Shireen Sungkar Positif Corona, Ini Gejala COVID-19 yang Umum Dialami

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Shireen Sungkar saat ditemui di Hotel Gran Melia. Foto: Noel/detikFoto
Jakarta -

Mark Sungkar, ayah Shireen Sungkar positif Corona saat tengah tersandung kasus korupsi. Di minggu awal terpapar, ia mengeluhkan gejala COVID-19 seperti meriang hingga kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa atau anosmia.

"Pak Mark menghubungi menyampaikan segala keluhan. Keluhannya itu mulai tidak bisa tidur, menggigil, tidak bisa salat, karena sangat luar biasa gangguannya. Kemudian indera penciumannya menjadi hilang itu sudah sejak lima hari lalu," jelas pengacara Mark Sungkar, Fahri Bachmid.

Saat terpapar, umumnya pasien Corona tak langsung mengeluhkan gejala. Gejala Corona baru muncul di hari ke 2-14 hari usai terinfeksi, sementara masa inkubasi COVID-19 sekitar 5-6 hari.

Pasien Corona mengalami gejala yang berbeda, dari ringan hingga sedang. Termasuk anosmia seperti yang dikeluhkan Mark Sungkar, gejala Corona yang paling banyak dilaporkan umumnya seperti berikut.

1. Anosmia

Gejala COVID-19 anosmia semakin umum dikeluhkan para pasien. Hampir 70 persen orang mengalami gejala anosmia, hilangnya kemampuan penciuman indra dan perasa.

Beberapa kasus anosmia parah, gangguan indra penciuman dan perasa membuat pasien COVID-19 sampai kehilangan nafsu makan. Mereka juga terpaksa beradaptasi dengan selera makanan biasa hingga kehilangan nutrisi.

Anosmia atau kehilangan indera penciuman dan perasa menjadi semakin umum dengan kasus positif COVID-19. Ada lebih 60 persen pasien yang melaporkan anosmia sebagai salah satu gejala yang mereka alami selama positif COVID-19.

Kasus anosmia pada COVID-19 bisa disertai dengan menggigil, nyeri otot, sakit tenggorokan hingga sakit kepala.

2. Batuk kering

Gejala COVID-19 lainnya yang juga paling umum dikeluhkan adalah batuk kering tanpa adanya lendir.

Layanan Kesehatan Inggris Raya menyebut pasien Corona mengeluhkan gejala COVID-19 bisa batuk lebih dari satu jam atau terus menerus selama sehari. Waspadai gejala batuk yang mengindikasikan gejala COVID-19.

3. Demam

Sebuah studi menyebutkan sebanyak 55,4 persen pasien COVID-19 mengeluhkan gejala demam. Waspadai jika suhu tubuh di atas 37 derajat Celcius. Keluhan demam biasanya muncul saat merasa panas jika disentuh di punggung atau dadanya.

4. Sesak napas

Sesak napas umumnya dikeluhkan para pasien Corona jika mengalami gejala berat. Jika pasien Corona mengalami gejala ini di awal terpapar, sebaiknya melakukan perawatan intensif di rumah sakit.



Simak Video "Ciri-ciri Gejala Corona pada Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)