Jumat, 26 Mar 2021 08:00 WIB

Viral Tantangan Makan Garam di TikTok, Ini Bahayanya Untuk Kesehatan

Firdaus Anwar - detikHealth
Makan Buah dengan Taburan Garam Ternyata Lebih Sehat Viral tantangan makan garam. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina-84)
Jakarta -

Di media sosial TikTok, sebagian orang menunjukkan rekaman video dirinya sedang memakan apa yang tampak seperti garam. Aktivitas bernama tantangan garam atau salt challenge ini tampaknya mulai populer sejak tahun 2020 silam.

Dalam video tampak orang-orang mengonsumsi garam langsung dari bungkus atau wadahnya dengan sendok. Disebutkan bahwa mereka yang melakukan hal ini harus bisa sama sekali tidak menunjukkan ekspresi di wajah.

"Dia yang makan gw yang ngerasa asin," komentar salah satu pengguna TikTok dalam video.

Pakar kesehatan pencernaan Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, dari RS Cipto Mangunkusumo, menjelaskan tren memakan garam ini bila benar-benar dilakukan bisa berbahaya dan tidak patut ditiru. Alasannya karena orang-orang mengonsumsi garam melebihi batas yang wajar.

"Garam itukan natrium klorida, sekarang kita lihat saja dampak natrium itu apa sih ke seseorang. Komponen natrium itu kalau berlebihan yang jelas tekanan darahnya bisa naik, hipertensi," kata dr Ari pada detikcom, Kamis (25/3/2021).

Hipertensi diketahui sebagai salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular. Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, kondisi hipertensi bisa meningkatkan risiko terjadinya stroke, penyakit jantung, diabetes, gangguan ginjal, hingga kebutaan.

"Terus yang kedua bisa saja tadi terjadi kekurangan cairan. Dehidrasi. Karena prinsipnya garam itukan menarik cairan," ungkap Prof Ari.

"Garam itu bumbu penyedap makanan, diberikan sedikit... Jadi ya ini adalah challenge yang enggak boleh diikuti karena membawa dampak kesehatan," pungkasnya.



Simak Video "Langgar Kode Etik, dr Kevin Samuel Kena Sanksi IDI "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)