Kamis, 25 Mar 2021 19:30 WIB

Benar Nggak Sih Kista Ovarium Dipicu Jajanan Micin? Ini Kata Dokter Kandungan

Ayunda Septiani - detikHealth
Viral TikTok kista ovarium (Foto: Tangkapan layar: SS Viral)
Jakarta -

Viral seorang wanita mengaku didiagnosa mengidap kista ovarium karena kebiasaan jajannya. Wanita tersebut sering beli jajanan seperti seblak, cilok, cireng, usus, dan cabai.

"Aku yang hobi jajan seblak, cilok, cireng, usus, cihu, cibay tidak lupa dengan bumbu atom aida sing lada lalu minum boba atau minuman kemasan lainnya dan merasa sehat-sehat aja," tulis akun @__wyrr, dan sudah dikonfirmasi detikcom.

Kepada detikcom, wanita yang bernama asli Wyrna Anggra Putri ini mengatakan dirinya tahu bahwa makanan-makanan itu tak bisa sepenuhnya dianggap sebagai faktor utama pemicu kista.

Sebenarnya, benar nggak sih keseringan mengonsumsi micin bisa memicu kista ovarium?

Dokter kandungan dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG mengatakan kista ovarium itu memiliki banyak jenisnya. Ada yang jenis kista fungsional, ada yang bisa hilang sesuai dengan siklus mens, ada yang jenis endometriosis, tumor, dan kista dermoid.

dr Dinda menjelaskan, terdapat kista ovarium yang berkaitan dengan gaya hidup. Gaya hidup yang dimaksud itu misalnya jarang makan sayur, atau konsumsi mikronutrien kurang.

"Tapi kalau monosodium glutamate (MSG) sendiri belum ada yang mengatakan kalau kista ovarium terjadi karena terlalu banyak makan MSG," jelas dr Dinda, saat dihubungi detikcom, Kamis (25/3/2021).

"Yang kita tau kan monosodium glutamate penguat rasa ya, dia kan sebenarnya sodium, atau garam yang kuat rasanya," tambahnya.

Selain dipicu gaya hidup, dr Dinda juga menyebut kista juga dipengaruhi oleh garis keturunan atau genetik. Oleh karena itu penting untuk mengecek sedari dini terlebih jika memiliki riwayat keluarga yang pernah mengidap kista.

"Lebih baik kita melakukan pemeriksaan rutin aja, kalau misalkan memang ada keluhan atau haidnya tidak teratur, adanya nyeri perut segera dikontrol aja," pungkas dr Dinda.



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)