Kamis, 25 Mar 2021 15:31 WIB

Viral Wanita Idap Kista Ovarium, Doyan Jajan Micin Diduga Jadi Pemicu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Viral TikTok kista ovarium Foto: Tangkapan layar: SS Viral
Jakarta -

Siapa sih yang nggak doyan jajan? Rasanya sehari tanpa menyicipi makanan yang mengandung micin tuh rasanya hari nggak lengkap.

Tapi kamu harus waspada ya dengan risiko kesehatan yang menghantui. Viral di TikTok pengakuan seorang wanita yang didiagnosa mengidap kista ovarium karena kebiasaan jajannya.

"Aku yang hobi jajan seblak, cilok, cireng, usus, cihu, cibay tidak lupa dengam bumbu atom aida sing lada lalu minum boba atau minuman kemasan lainnya dan merasa sehat-sehat aja," tulis akun @__wyrr.

Berdasarkan pengakuannya, akibat kebiasaan jajannya itu, ia mengalami kista ovarium, salah satu penyakit yang kerap menyerang kaum hawa. Hal ini diungkap oleh dokter setelah mengangkat kista itu dari tubuhnya.

"Pas beres operasi dokternya bilang 'Anak ibu makannya jorok'," paparnya lagi.

Saat dikonfirmasi detikcom, wanita bernama asli Wyrna Anggra Putri ini mengatakan dirinya tahu bahwa makanan-makanan yang ia sebutkan itu tak bisa sepenuhnya dianggap sebagai faktor utama pemicu kista.

Memang tak ada diagnosa langsung dari dokter bahwa ia mengidap kista karena makanan-makanan tersebut. Dokter hanya mengatakan bahwa pola makannya yang kurang sehat bisa menjadi pemicu.

"Terus dibilang kalau aku makannya jorok. Aku flashback, memang dari jaman sekolah senang banget jajan dan makan makanan pedes. Mungkin maksud makan jorok dokternya itu," katanya saat berbincang dengan detikcom, Kamis (25/3/2021).

Video yang ia unggah mendapat perhatian hampir 700 ribu orang dan ribuan komentar. Tentunya ia mengingatkan bahwa unggahannya ini bukan bertujuan untuk menakut-nakuti, hanya sebagai informasi bagi kaum hawa lain di luar sana untuk lebih berhati-hati.

"Yang pasti dijaga makannya sama kalau ada keluhan apapun soal menstruasi jangan main dokter-dokteran. Langsung aja ke dokter beneran," ucapnya.

Sebenarnya, apa penyebab kista ovarium? Simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Langgar Kode Etik, dr Kevin Samuel Kena Sanksi IDI "
[Gambas:Video 20detik]