Sabtu, 20 Feb 2021 19:00 WIB

5 Cara yang Tepat Membersihkan Miss V Agar Tidak Lembab dan Berbau

Vidya Pinandhita - detikHealth
ilustrasi vagina Cara membersihkan miss V agar tidak lembab dan bau. (Foto: iStock)
Jakarta -

Kebersihan miss V bukan hanya penting untuk kenyamanan diri sendiri dan pasangan, tapi juga kesehatan wanita. Tak heran, miss V yang sehat dan bersih diimpikan banyak wanita.

Akan tetapi, menjaga kebersihan miss V tidak boleh sembarangan. Mulai dari cara, penggunaan sabun, hingga pakaian dalam perlu diperhatikan. Bahkan dilansir situs National Health Service (NHS) UK, diet dan pola hidup bisa memengaruhi kesehatan miss V.

"Secara umum, kesehatan vagina yang baik dijaga dengan memastikan kesehatan Anda secara umum. Ini termasuk diet sehat dan olahraga," ujar konsultan di uroginekologi di University College Hospital, London Dr Suzy Elneil.

Bagaimana sih cara menjaga kebersihan miss V agar wanita nyaman, seks menyenangkan, tapi kesehatan tetap terjaga?

1. Jangan pakai sabun

Sebenarnya, vagina bisa membersihkan dirinya sendiri.Bahkan dilansir The Guardian, beberapa jenis bau pada vagina sebenarnya normal. Jadi, tidak perlu dibersihkan dengan sabun, apalagi sabun beraroma karena bisa mengganggu keseimbangan pH.

Jika merasa memerlukan sabun khusus vagina, pastikan penggunaannya tidak terlalu sering.

2. Rajin mengganti pembalut

Jelas, pembalut wajib diganti secara rutin saat menstruasi. Sebab selain menyebabkan bau tidak sedap, pembalut atau tampon yang digunakan terlalu lama bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.

3. Ganti pakaian dalam

Dilansir Bustle, pakaian dalam yang basah karena keringat bisa mengundang pertumbuhan kuman dan bakteri. Maka itu, penting sekali untuk mengganti pakaian dalam secara rutin. Terutama, setelah beraktivitas, berolahraga, atau berenang.

4. Basuh dengan cara yang benar

Bakteri pada vagina dan anus adalah berbeda. Jika cara membasuh tidak benar, bakteri pada anus bisa terbawa ke area vagina dan menyebabkan infeksi salurah kemih (ISK).

Yap, risiko yang sama juga bisa terjadi setelah berhubungan seks. Maka itu, penting sekali untuk membersihkan vagina setelah seks.

5. Buang air kecil setelah seks

Poin ini adalah cara minimal sekaligus paling wajib untuk dilakukan setelah berhubungan seks. Pasalnya, buang air kecil adalah cara alami untuk membuang bakteri pada saluran kemih.



Simak Video "Selain Bikin Tak Bisa Ereksi, Kebiri Kimia Juga Ancam Nyawa Predator Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)