Minggu, 14 Feb 2021 20:20 WIB

Jangan Langsung Tidur! Ini Pentingnya Bersih-bersih Miss V Sehabis Bercinta

Vidya Pinandhita - detikHealth
Handsome man in white T-shirt carrying young attractive woman while spending free time at home. Loving young hipster couple relaxing at home and kissing. View from another room through the doorway Bersihkan Miss V sehabis bercinta (Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991
Jakarta -

Kebersihan Miss V bukan hanya memberi kenyamanan bagi pasangan, tapi juga penting untuk kesehatan wanita. Pasalnya, daerah kewanitaan yang kotor setelah seks tak jarang memicu penyakit seperti infeksi saluran kemih (ISK).

Dilansir Insider, kebersihan vagina setelah seks sangat memengaruhi kesehatan. Cairan dari pasangan seks bisa mengubah kondisi pH, menumbuhkan bakteri, dan memicu infeksi.

"Penting untuk memerhatikan kebersihan vagina jika Anda memiliki kehidupan seksual yang aktif," ujar dokter spesialis kandungan dr Allison Hill dan dr Yvonne Bohn, dikutip dari Insider, Minggu (14/2/2021).

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan vagina setelah seks?

1. Buang air kecil

Langkah ini adalah cara minimal yang wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan vagina setelah seks. Buang air kecil jadi cara alami untuk membuang bakteri pada saluran kemih. Maka itu, hal ini penting dilakukan untuk mencegah risiko ISK pada wanita.

Jika tidak dirasa ingin buang air kecil, usahakan untuk tetap buang air kecil.

"Selalu buang air kecil setelah seks. Semua aktivitas seksual (penetrasi) bisa menularkan bakteri ke uretra. Jika Anda buang air kecil setelah seks, Anda membuang kotoran keluar dan bisa mencegah infeksi," ujar terapis seks Vanessa Marin, dilansir Bustle.

2. Bersihkan area genital

Setelah buang air kecil, basuh area genital dengan air. Jika perlu, sabun khusus daerah kewanitaan juga bisa digunakan.

Akan tetapi, sabun ini tidak selalu disarankan. Pasalnya, penggunaan sabun pada daerah kewanitaan bisa mengganggu keseimbangan pH. Ingat, gunakankanlah sabun khusus daerah kewanitaan, bukan sabun mandi atau sabun cuci tangan biasa.

3. Mencuci tangan

Sebenarnya, langkah ini penting dilakukan setelah dan sebelum melakukan seks. Mencuci tangan sebelum foreplay dan berhubungan seks bisa meminimalkan risiko penyebaran bakteri.



Simak Video "Selain Bikin Tak Bisa Ereksi, Kebiri Kimia Juga Ancam Nyawa Predator Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)