Jumat, 26 Mar 2021 05:30 WIB

Viral Kena Kista Ovarium, Mengaku Gara-gara Jajanan Micin

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Viral TikTok kista ovarium Foto: Tangkapan layar: SS Viral
Jakarta -

Viral di TikTok pengakuan seorang wanita yang mengidap kista ovarium diduga akibat kebiasaan makannya. Melalui akunnya, @__wyrr, wanita ini mengaku kerap makan seblak, cilok, cireng, yang menurutnya memicu timbulnya kista dan meyakini itu penyebabnya.

"Kalau untuk gejalanya itu, tiap orang beda-beda ya. Di aku itu gejalanya nggak terlalu kentara jadi pas cek aku juga kaget aku kena kista karena aku nggak pernah merasa nyeri waktu menstruasi," kata wanita bernama Wyrna Anggra Putri ini kepada detikcom, Kamis (25/3/2021).

Meski ia tak bisa mengatakan bahwa makanan tersebut menjadi pemicu satu-satunya, ia tetap berpesan pada kaum hawa khsusunya para remaja untuk memeriksakan diri jika mengalami keanehan pada saat menstruasi

"Yang pasti dijaga makannya sama kalau ada keluhan apapun soal menstruasi jangan main dokter-dokteran. Langsung aja ke dokter beneran," ucapnya.

Umumnya, kista ovarium tidak berbahaya dan tak menimbulkan gejala. Namun jika dalam kondisi berat, tak sedikit wanita yang membutuhkan operasi untuk menghilangkan kista yang ia idap.

Lalu apa kata dokter? Benarkah micin memicu kista ovarium?

Menurut dr Dinda Derdameisya, SpOG, dokter kandungan dari RS Ibu dan Anak Brawijaya, kista ovarium ada banyak jenisnya. Di antaranya kista fungsional, endometriosis, dan kista dermoid.

Beberapa di antaranya memang berhubungan dengan gaya hidup, seperti kurang makan sayur dan konsumsi mikronutrien yang rendah.

"Tapi kalau monosodium glutamate (MSG) sendiri belum ada yang mengatakan kalau kista ovarium terjadi karena terlalu banyak makan MSG," jelas dr Dinda, saat dihubungi detikcom, Kamis (25/3/2021).

Bagaimana dengan gejalanya? Simak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]