Jumat, 26 Mar 2021 12:59 WIB

Round up

Jajanan Micin Bukan Pemicu Kista Ovarium, Lalu Apa Dong Penyebabnya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Viral TikTok kista ovarium Foto: Tangkapan layar: SS Viral
Jakarta -

Kista ovarium adalah tumbuhnya sebuah benjolan berupa kantung berisi cairan di ovarium. Secara umum, wanita bisa terkena penyakit ini. Kista ovarium ada yang bisa sembuh dengan sendirinya tapi ada juga yang memerlukan bantuan medis untuk menghilangkannya.

Spesialis kandungan dari RS Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG mengatakan ada banyak jenis kista, tergantung dari kondisi yang dialami wanita. Memang ada kista yang disebabkan oleh gaya hidup yang buruk, tetapi kebanyakan makan micin bukan jadi satu-satunya penyebab.

"Ada kista ovarium yang sangat dipengaruhi oleh gaya hidup, misalnya jarang makan sayur, mikronutriennya kurang. Nah tapi kalau MSG (monosodium glutamate) sendiri belum ada sih yang mengatakan kalau kista ovarium terjadi karena terlalu banyak makan MSG," kata dr Dinda kepada detikcom.

Kista jenis endometriosis memang dipicu oleh gaya hidup tidak sehat. Tapi ada juga faktor lain yang bisa menyebabkan hal ini yakni genetik atau garis keturunan.

Apabila ibu atau nenek punya riwayat kista, bisa jadi garis keturunan selanjutnya juga akan mengalami kondisi yang sama. Meski demikian keturunan hanya salah satu faktor, bukan penyebab kista yang utama.

"Kalau endometriosis, kista yang terjadi akibat gaya hidup, itu juga dipengaruhi faktor genetik. Intinya kita lebih baik untuk mencegah, mending hidup sehat aja," papar dr Dinda.

Dikutip dari laman Medicine Net, penyebab utama kista ovarium di antaranya ketidakseimbangan hormon termasuk yang disebabkan efek samping mengkonsumsi obat kesuburan , kehamilan, dan infeksi panggul parah.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, viral di TikTok seorang wanita menceritakan dirinya didiagnosa kista ovarium. Dalam videonya, ia menduga sering jajan micin bisa jadi pemicu kista ovarium yang ia alami.

Saat berbincang dengan detikcom, pemilik akun @__wyrr mengatakan dokter sempat menyebut kebiasaan makannya yang jorok kemungkinan terkait dengan kista ovarium yang diidapnya.

"Terus dibilang kalau aku makannya jorok. Aku flashback, memang dari jaman sekolah senang banget jajan dan makan makanan pedes. Mungkin maksud makan jorok dokternya itu," katanya saat berbincang dengan detikcom, Kamis (25/3/2021).



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)