Sabtu, 27 Mar 2021 05:51 WIB

Round Up

Bawa 'Downline', Pendamping Lansia Bakal Dapat Vaksin Duluan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ratusan lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di kawasan Jakarta Utara. Seperti diketahui, lansia jadi salah satu kelompok prioritas yang menerima vaksin Corona. Vaksinasi COVID-19 (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Berbagai upaya dilakukan mempercepat laju vaksinasi COVID-19 yang masih segitu-segitu saja. Terbaru, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membuka peluang para pendamping lansia untuk bisa vaksin duluan.

"Saya nanti akan segera keluarkan kebijakan satu orang muda relawan boleh disuntik asal bawa dua orang tua. Karena orang tua juga susah diajaknya, itu pesannya," jelas Budi, dikutip dari unggahan video Instagram Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI).

Bukan tanpa alasan Menkes menawarkan kebijakan ini. Saat ini, laju vaksinasi masih jauh dari target 1 juta dosis perhari. Selain karena ketersediaan vaksin memang terbatas, kelompok lansia yang menjadi prioritas vaksinasi saat ini tidak selalu bisa datang sendiri untuk vaksinasi.

Belum lagi, proses pendaftaran di beberapa tempat tampak begitu semrawut. Jika tidak didampingi oleh kerabat atau siapapun yang lebih muda, banyak lansia yang kesulitan mencari dan mendatangi tempat vaksinasi.

Opsi menawarkan vaksinasi duluan pada pendamping lansia diharapkan bisa mengatasi masalah ini.

"Dengan syarat wajib membawa beberapa warga lanjut usia atau lansia untuk ikut divaksin," kata Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dr Reisa Broto Asmoro, dalam siaran live di Sekretariat Presiden, Jumat (26/3/2021).

Saat ini, peraturan pendukung dan petunjuk teknis terkait kebijakan ini tengah dirumuskan dan akan segera diumumkan.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)