Jumat, 26 Mar 2021 17:17 WIB

Pendamping Lansia Ingin Vaksin Duluan? Syarat: Bawa 'Downline'

Ayunda Septiani - detikHealth
A dose of the Phase 3 Novavax coronavirus vaccine is seen ready for use in the trial at St. Georges University hospital in London Wednesday, Oct. 7, 2020. Novavax Inc. said Thursday Jan. 28, 2021 that its COVID-19 vaccine appears 89% effective based on early findings from a British study and that it also seems to work — though not as well — against new mutated strains of the virus circulating in that country and South Africa. (AP Photo/Alastair Grant) Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: AP/Alastair Grant)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akan segera mengeluarkan kebijakan agar pendamping lansia bisa mendapat vaksinasi lebih awal. Salah satu syaratnya adalah harus ada dua orang tua atau lansia yang dibawa saat menerima vaksin Corona.

Racana ini disampaikan juga oleh Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dr Reisa Broto Asmoro. Menurut dr Reisa, kelompok usia lebih muda yang menjadi pendamping lansia bakal bisa mendapat vaksinasi lebih dulu.

"Dengan syarat wajib membawa beberapa warga lanjut usia atau lansia untuk ikut divaksin," jelasnya dalam live Sekretariat Presiden, Jumat (26/3/2021).

"Peraturan pendukung akan sedang dirumuskan oleh Menkes dan petunjuk teknisnya akan segera diumumkan," lanjutnya.

dr Reisa juga mengingatkan untuk semua kepala daerah memprioritaskan vaksinasi Corona pada lansia dan mengerahkan semua SDM yang ada.

Jika dilihat dari data saat ini, cakupan vaksinasi lansia masih tertinggal jauh dengan pelayanan publik. Menkes Budi sebelumnya menyebut, sangat menyayangkan banyak lansia yang masih sulit mendaftarkan diri untuk divaksin Corona.

Tak sedikit pula dari mereka yang saat diajak, enggan untuk vaksinasi Corona. Padahal, angka kematian COVID-19 terbanyak dilaporkan dari kalangan lansia sehingga mereka perlu diprioritaskan.

"Saya nanti akan segera keluarkan kebijakan satu orang muda relawan boleh disuntik asal bawa dua orang tua. Karena orang tua juga susah diajaknya, itu pesannya," jelas Budi, dikutip dari unggahan video Instagram Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI).



Simak Video "Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa, Perlukah Persiapan Khusus?"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)